Lapland, kampung Sinterklas

id Natal, Santaklaus, Sinterklas, Finlandia

 Lapland, kampung Sinterklas

Karena kota tersebut sudah dekat dengan Kutub Utara, mata hari baru terbit pada pukul 11.00 dan malam datang pukul 02.00 dini hari (tourismontheedge.com)

Rumah Sinterklas sebenarnya berada di daerah Korvatunturi (Telinga Jatuh) yang misterius di Lapland.
Baku  (Antara/Azertec/Oana) - Musim dingin di Finlandia sungguh mempesona. Dimana-mana, termasuk Ibukota Helsinki dan bagian lain di negara itu, yang terlihat adalah salju berwarna putih menghampar.
        
Suhu saat musim dingin rata-rata minus 10-15 derajat celsius, tapi tidak jarang juga mencapai 25-30 di bawah titik beku. Meski jalan-jalan dan atap rumah ditutupi salju, suasana saat salju yang turun memberikan kesan tersendiri bagai sebagian orang.
        
Finlandia adalah negara yang sangat menarik dikunjungi untuk menghabiskan liburan Tahun Baru. Setiap malam pergantian tahun, digelar pergelaran musik di taman utama di Helsinki.
        
Ribuan warga terlihat antusias untuk untuk merayakan datangnya tahun baru meski suhu minus 10 derajat Celsius. Tapi kebanyakan warga yang datang ke Finlandia pada tahun baru adalah untuk mengunjungi Lapland, kampung Sinterklas.
        
Rovaniemi adalah kota resmi asal Sinterklas dan tempat kediaman yang juga disebut Desa Sinterklas tersebut bisa dikunjungi setiap hari. Terletak di Lingkaran Artik, kawasan tersebut dikunjungi lebih dari 300.000 turis setiap tahun.
        
Rumah Sinterklas sebenarnya berada di daerah Korvatunturi (Telinga Jatuh) yang misterius di Lapland.
        
Namun karena lokasi persis rumah tersebut dirahasiakan dan hanya diketahui segelintir orang, maka Sinterklas kemudian memutuskan untuk mendirikan kantor di Rovaniemi, ibukota Lapland pada 1985. Rovaniemi pun kemudian menyandang status sebagai Rumah Resmi Sinterklas sejak 2010 lalu.
        
Populasi Rovaniemi hanya sekitar 6.000 orang dan kota tersebut bisa dicapai melalui darat atau udara. Perjalanan akan lebih murah bila menggunakan bis dibanding pesawat atau pun kereta api.
      
Karena kota tersebut sudah dekat dengan Kutub Utara, mata hari baru terbit pada pukul 11.00 dan malam datang pukul 02.00 dinihari.
        
Turis yang berkunjung hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk berkeliling kota dengan berjalan kaki.
        
Para anggota grup musik rock Lordi, pemenang Kontes Lagu Eurovision 2006, juga berasal dari Rovaniemi. Pengungung bisa menyaksikan monumen mereka di jalan di tengah kota.
        
Turis yang datang ke Rovaniemi pada  musim dingin, harus menyiapkan sepatu dan baju tebal. Meski cuaca cukup kering, mustahil untuk terus berada di udara terbuka lebih dari 15 menit tanpa baju hangat.
        
Hal pertama yang menarik perhatian pegunjung yang baru tiba di pintu masuk desa Sinterklas yang berjarak sekitar delapan kilometer dari pusat adalah kantor pos.
        
Ratusan orang tampak mengantri untuk mengirim surat dan kartu pos kepada rekan-rekan dan saudara mereka. Surat-surat yang dikirim untuk Sinterklas dari seluruh penjuru dunia juga disimpan di kantor pos tersebut.