Sembilan Pelaku Pembalakan Kayu di TNWK Ditangkap

id Sembilan Pembalak Kayu TNWK Ditangkap, Pembalak Kayu TNWK Ditangkap, Pembalakan di Way Kambas

Sembilan Pelaku Pembalakan Kayu di TNWK Ditangkap

Barang bukti pembalakan kayu nibung di TNWK yang diamankan dari sembilan tersangka yang telah ditangkap. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Sembilan orang pelaku pembalakan kayu nibung di dalam kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung ditangkap dan telah diserahkan ke pihak kepolisian setempat.

"Telah tertangkap tangan oleh Tim Pengamanan Taman Nasional Way Kambas dari Polhut, RPU, dan WCS sebanyak sembilan tersangka yang sedang melakukan penebangan dan pengangkutan kayu nibung di dalam kawasan hutan TNWK," kata Subakir, Kepala Balai TNWK dalam keterangan tertulis, di Lampung Timur, Kamis.

Dia mengatakan, sembilan tersangka itu ditangkap di dalam kawasan hutan TNWK pada Selasa (10/1).

Menurut dia, dalam menjalankan aksinya, para pelaku penebang kayu nibung ini menggunakan kapal klotok bermesin 22 PK untuk mengangkut kayu nibung tersebut.

Dalam penangkapan itu, dia menyebutkan, barang bukti yang diamankan adalah dua bilah parang, tiga bilah kampak, empat bilah golok, dan satu gulung tali kuning.

Kemudian diamankan pula satu gulung tali besar, dua botol galon air mineral, satu buah batu asahan, satu kapal klotok 22 PK, seperangkat alat memasak, satu buah periuk, satu buah panci, dan tujuh buah piring warna merah muda.

Subakir menyatakan sembilan tersangka sudah diserahkan ke Polres Lampung Timur untuk diproses hukum lebih lanjut.

"Tadi pagi, Kamis pukul 15.30 WIB, tersangka berikut barang bukti telah diserahkan kepada Polres Lampung Timur untuk penyidikan lebih lanjut," kata Subakir lagi.

Pohon nibung (Oncosperma filamentosum) adalah salah satu spesies tanaman yang hidup di hutan TNWK dalam kawasan hutan rawa bersama beberapa jenis tanaman lainnya, yaitu gelam, pandan-pandanan, rengas dan sadeng, antara lain terdapat di sekitar Sungai Wako, Kali Biru, dan daerah Botol dalam kawasan TNWK.