Boko Haram serang pangkalan militer Nigeria

id Boko Haram, Nigeria,

Boko Haram serang pangkalan militer Nigeria

Personel militer Nigeria/file (fastecash.com)

Maiduguri (Antara / Reuters) - Lima tentara Nigeria dan lebih dari 15 petempur Boko Haram tewas akibat gerilyawan menyerang pangkalan militer di kawasan terpencil timur laut tempat kelompok itu berjuang untuk IS, kata sumber militer, Minggu.
        
Boko Haram menyerang brigade militer di Buni Yadi di negara bagian Yobe pada Sabtu malam, kata juru bicara militer melalui pesan tertulis, tanpa memberikan jumlah korban.
        
"Lima tentara kehilangan nyawa dalam serangan itu meskipun lebih dari 15 petempur Boko Haram tewas oleh pasukan," kata sumber militer tersebut.
        
Beberapa ledakan terdengar pada Minggu di Maiduguri, ibu kota negara Borno, tempat Boko Haram tujuh tahun lalu memulai pemberontakan, yang telah menewaskan sekitar 15.000 orang dan lebih dari dua juta orang mengungsi.
        
Pejabat atau petugas medis tidak segera ada untuk memberikan data jumlah korban.
        
Pada awal 2015, Boko Haram mengendalikan daerah hampir seukuran Belgia. Lebih dari setahun lalu mereka telah dipaksa keluar dari sebagian besar wilayahnya oleh tentara dari negara tetangga dan pasukan Nigeria. Kelompok itu kemudian berpindah ke sebuah pangkalan di hutan Sambisa.
        
Pada bulan lalu, militer mengatakan telah mengambil kamp kunci Boko Haram di hutan, meskipun kelompok itu kemudia  melakukan bom bunuh diri sejak itu.
        
Pengulas keamanan mengatakan kemampuan kelompok itu melaksanakan serangan di negara tetangga Niger, Kamerun dan Chad, menunjukkan bahwa mereka memiliki beberapa markas.
        
Pada akhir 2016, Presiden Nigeria Muhammad Buhari mengatakan lasukan militer Nigeria berhasil merebut wilayah utama Boko Haram yang menjadi pangkalan terakhir kelompok militan itu. 

Penerjemah : GNC Aryani/B Soekapdjo