Selasa, 26 September 2017

Agung : Program PKH Rangsang Rakyat Berperan Aktif

id agung ilmu mangkunegara, bupati lampung utara, program phk rangsang rakyat berperan aktif, bantuan 115 laptop
Agung : Program PKH Rangsang Rakyat Berperan Aktif
Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara S.STP, MH. (Foto Antaralampung.com/BS)
...Program bantuan pendidikan misalnya, jika anak tersebut tidak rajin masuk sekolah maka bantuan tersebut akan dihentikan sehingga merangsang anak untuk selalu aktif bersekolah," kata Bupati...
Kotabumi, Lampung Utara (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Utara H. Agung Ilmu Mangkunegara S.STP, MH mengaku bangga karena Program Keluarga Harapan (PKH) mampu merangsang masyarakat berperan aktif dalam sejumlah bidang.

"Program bantuan pendidikan misalnya,  jika anak tersebut tidak rajin masuk sekolah maka bantuan tersebut akan dihentikan sehingga merangsang anak untuk selalu aktif bersekolah," kata Bupati saat menyerahkan bantuan 115 unit laptop (komputer jinjing) kepada pendamping/operator PKH di Kotabumi, ibukota Lampung Utara, Senin (9/1).

Ia juga mencontohkan, program bantuan bagi ibu hamil maka ibu harus rajin datang ke Posyandu, jika tidak maka bantuan tersebut akan dihentikan.

Bantuan-bantuan yang diberikan pemerintah ini, Kata Agung, diperuntukan bagi keluarga yang berkeinginan untuk mengubah nasibnya sendiri dengan berperan aktif.

Bupati juga menjelaskan, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat hingga ke daerah pelosok, pada tahun 2017, para pendamping akan diberikan bantuan 100 unit kendaraan bermotor.

Ia berharap kepada PKH dan Satuan Kerja agar dapat mensosialisasikan program pemerintah pusat dan program pemerintah daerah, seperti pendidikan gratis, kesehatan gratis dan akte kependudukan gratis, karena masih banyak rakyat hanya tahu programnya saja namun belum mengetahui cara mendapatkannya.

PKH merupakan program cluster pertama strategi penanggulangan kemiskinan, yang sebelumnya dikenal dengan nama Proram Bantuan Tunai Bertahap dan telah dilaksanakan oleh Kabupaten Lampung Utara sejak tahun 2012.

Ketua Tim Koordinator PKH Lampung Utara, H. Syahrizal Adhar SH, MM, menjelaskan, PKH adalah program perlindungan sosial dalam bentuk bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Kepersetaan PKH di Lampung Utara sampai tahun 2016 berjumlah 30.329 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), jika sebelumnya bantuan hanya diberikan sampai jenjang SLTP, saat ini bantuannya telah ditingkatkan sampai lulus SLTA. (Ant/BS)

Editor: Edy Supriyadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0879 seconds memory usage: 0.46 MB