TNI tangguhkan kerja sama militer dengan Australia

id kerja sama militer dengan australia ditangguhkan, mayjen tni wuryanto, kapuispen tni

TNI tangguhkan kerja sama militer dengan Australia

Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen TNI Wuryanto (Foto : Net)

...Kalau teknisnya saya tak bisa menyebutkan secara rinci," tuturnya...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menangguhkan kerja sama militer dengan Australia karena masalah teknis.

"Semua bentuk kerja sama telah ditangguhkan. Ada hal-hal teknis yang perlu dibahas. Sangat mungkin kerja sama akan kembali dilakukan jika semua masalah itu telah selesai," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Wuryanto di Jakarta, Rabu.

Kendati demikian, ia enggan menyebutkan hal teknis apa yang membuat TNI menangguhkan kerja sama militer dengan Australia untuk sementara waktu. "Kalau teknisnya saya tak bisa menyebutkan secara rinci," tuturnya.

Terkait isu pelecehan terhadap lambang negara Pancasila saat Prajurit Kopassus melatih Bahasa Indonesia untuk pasukan khusus di Australia, Kapuspen TNI pun enggan berkomentar.

"Ya ada masalah dan ada beberapa hal yang masih harus kami kaji lagi agar hubungan kerja sama ini menguntungkan kedua belah pihak," ucapnya.

Permintaan penghentian kerja sama itu sudah dilayangkan TNI kepada pihak militer Australia pada pertengahan Desember 2016. Mulai saat itu penghentian kerja sama sementara berlaku, baik latihan maupun tukar menukar perwira. (Ant)