Balai TNWK Raih Pendapatan Ratusan Juta Rupiah

id kepala tnwk, subakir, lampung timur, taman nasional way kambas, obyek wisata

Balai TNWK Raih Pendapatan Ratusan Juta Rupiah

Kepala Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Subakir (FOTO: ANTARA Lampung/istimewa)

...Acara atau hiburan khusus tidak ada, tapi pengunjung tertarik datang ke Way Kambas untuk menyaksikan atraksi gajah dan menikmati pemandangan alamnya, ujar Subakir...
Lampung Timur  (ANTARA Lampung) - Balai Taman Nasional Way Kambas di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung meraih pendapatan mencapai ratusan juta rupiah dari kunjungan wisatawan selama liburan sekolah dan akhir tahun hingga liburan awal tahun 2017.

Subakir, Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK), di Lampung Timur, Senin, mengatakan terdapat ribuan pengunjung berwisata ke areal khusus Pusat Konservasi Gajah (PKG) di Way Kambas.

Pihaknya mencatat jumlah tiket pengunjung yang dikeluarkan pada liburan tahun baru, Minggu (1/1) sebanyak 9.764 buah, dengan tarif Rp7.500 per orang.

Tiket/karcis masuk untuk kendaraan roda dua sebanyak 1.618 buah, dengan tarif Rp5.000/kendaraan, dan tiket masuk kendaraan roda empat sebanyak 1.023 buah, dengan tarif Rp10.000 per kendaraan, dan tiket masuk untuk kendaraan roda empat/bus sebanyak 49 buah, dengan tarif Rp50.000 per kendaraan.

Sedangkan pada liburan Natal 2016 tercatat 2.039 pengunjung berwisata ke Way Kambas dengan rincian karcis kendaraan roda dua 150 buah, dan roda empat 612 buah.

Dia menyebutkan total pendapatan yang diterima pada liburan tahun baru yakni Rp94 juta, dan Rp20,592 juta pada liburan Natal 2016 atau secara keseluruhan meraih pendapatan mencapai Rp114,592 juta..

"Tarif yang kami tetapkan untuk pengunjung sesuai Peraturan Pemerintah tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak Nomor 12 Tahun 2014, dan pendapatan ini semua disetorkan ke kas negara sebagai penerimaan negara bukan pajak," kata Subakir lagi.

Dia menambahkan pada liburan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 ini, pihaknya tidak mempersiapkan paket hiburan khusus untuk pengunjung, tapi ribuan pengunjung tetap datang ke TNWK.

"Acara atau hiburan khusus tidak ada, tapi pengunjung tertarik datang ke Way Kambas untuk menyaksikan atraksi gajah dan menikmati pemandangan alamnya," ujarnya pula.

Ia mengatakan sensasi pengunjung menunggangi gajah jinak terdidik dan terlatih di TNWK paling banyak dipilih pengunjung saat berwisata di TNWK.

Way Kambas yang telah ditetapkan sebagai Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Parks) dicanangkan pula sebagai salah satu objek wisata unggulan di Provinsi Lampung.

Pemkab Lampung Timur bahkan menargetkan Way Kambas menjadi destinasi wisata dunia di daerah ini. (Ant)