Warga Kanada tinju singa gunung

id Singa gunung atau Puma

Warga Kanada tinju singa gunung

Seekor singa gunung ditembak mati setelah menyerang seekor anjing di Whitecourt, Alberta Tengah, Kanada. (montanaoutdoor.com)

Calgary, Alberta (Antara/Reuters) - Seorang warga Kanada meninju seekor puma di dekat restoran cepat saji di Whitecourt, Alberta tengah, untuk menghentikan singa gunung itu menyerang anjing miliknya, kata kepolisian Royal Canadian Mounted Police (RCMP), Rabu.
         
Warga bernama William Gibb (31 tahun) itu berasal dari Red Deer, Alberta, dan sedang berhenti di salah satu cabang Tim Hortons dalam perjalanan sepanjang 600 kilometer menuju Grand Prairie pada Senin petang. Tim Hortons adalah salah satu jaringan restoran populer cepat saji di Kanada.
         
Gibb membawa keluar anjingnya untuk berjalan-jalan, kata Sersan Tom Kalis dari RCMP White Court.
         
Tak lama kemudian, Gibb mendengar anjing jenis Husky miliknya, yang bernama Sasha, mengaing-ngaing. Gibb melihat Sasha sedang dijepit ke tanah oleh seekor puma.
         
"Saya melihat ada sesuatu yang menutupi (Sasha) dan tidak tahu (binatang) apa itu. Saya lari dan meninju, mungkin, bagian kepala (binatang) itu dan (binatang) itu mundur. Baru saya tahu bahwa binatang itu adalah seekor puma," kata Gibb, yang bekerja sebagai tukang listrik, kepada Reuters.
          
"Saya berdiri di atas Sasha, mengusir dan meneriaki (puma) itu dan berteriak kepada saudara dan teman saya untuk meminta bantuan," tambahnya.
          
Gibb berhasil membuat singa gunung itu menjauh. Namun, ujarnya, sang puma beberapa kali mencoba menyerangnya ketika ia mendekati anjingnya yang terluka serta menelepon polisi.
          
Gibb kemudian mengangkat Sasha ke mobil bak terbuka dan membawanya untuk mendapatkan perawatan medis.
          
Ia mengatakan polisi tiba lima atau sepuluh menit kemudian. Setelah berkonsultasi dengan petugas perikanan dan suaka margasatwa, petugas membunuh puma tersebut karena dikhawatirkan akan menyerang anjing lainnya atau bahkan manusia.
          
Gibb sendiri tidak mengalami luka serius kendati tangannya digigit Sasha ketika ia sedang berusaha menyelamatkan anjingnya yang seberat 36 kilogram itu.  
     
Sersan Kalis mengatakan penampakan singa gunung di Whitecourt bukan pemandangan yang tidak biasa karena kota itu dikelilingi dengan hutan. Namun, peristiwa puma menyerang anjing merupakan hal yang tidak biasa terjadi.