Jika AS pasok rudal, Rusia anggap sebagai tindak permusuhan

id Rudal, AS, Rusia, Perang Irak dan Suriah

Jika AS pasok rudal, Rusia anggap sebagai tindak permusuhan

Rudal FIM-92 Stinger adalah sistem rudal panggul dari darat ke udara, yang dirancang dan diproduksi industri persenjataan AS. (armyrecognition.com)

Moskow (Antara/Reuters) - Rusia mengatakan pada Selasa bahwa keputusan Amerika Serikat melonggarkan larangan untuk mempersenjatai pemberontak Suriah telah membuka jalan bagi pengiriman rudal anti pesawat panggul, sebuah langkah yang dikatakan mengancam pasukan Rusia di Suriah.
        
Moskow tahun lalu meluncurkan operasi militer serangan udara di Suriah untuk membantu Presiden Bashar al¿Assad dan pasukannya mengambil alih wilayah yang jatuh ke tangan pemberontak, beberapa dari mereka didukung oleh Amerika Serikat.
        
Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Maria Zakharova mengatakan perubahan kebijakan melonggarkan larangan suplai senjata telah ditetapkan dalam RUU anggaran pertahanan Amerika yang baru, dan bahwa Moskow menganggap langkah tersebut sebagai tindakan permusuhan.
        
Presiden Amerika Barack Obama, yang mengkritik intervensi Rusia di Suriah secara tajam, mengesahkan RUU kebijakan pertahanan tahunan menjadi undang-undang pekan lalu.
        
Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Amerika, Mark Toner, mengabaikan tuntutan Rusia dengan mengatakan pemerintah tetap menolak penyediaan misil anti pesawat portabel, atau MANPADS, bagi kelompok oposisi Suriah.
        
"Posisi kami terhadap MANPADS tidak berubah. Kami memiliki kekhawatiran yang mendalam tentang persenjataan semacam itu masuk ke Suriah," ujar Toner, merujuk pada kekhawatiran misil anti pesawat portable dapat jatuh ke tangan militan Islamis dan digunakan menyerang pesawat sipil.
        
Kesepakatan Pengesahan Pertahanan Nasional, disahkan menjadi undang-undang oleh Obama pada 23 Des, nampaknya dirancang untuk meredakan kekhawatiran pemerintah, namun memunculkan lembaran baru kekeliruan kongres terhadap keputusan presiden untuk menyediakannya.
        
Undang-undang melarang Kementerian Pertahanan Amerika membelanjakan dana untuk MANPADS bagi kelompok pemberontak Suriah, kecuali sekretaris negara dan pertahanan mengirimkan laporan ke komite kongres yang menjelaskan keputusan untuk melakukannya.
        
Laporan harus menyertakan kelompok mana yang menerima senjata tersebut, analisis intelijen terhadap kelompok, serta jenis dan jumlah MANPADS yang disediakan.