KONI Waykanan harus optimalkan fasilitas yang ada

id bupati waykanan, raden adipati surya

KONI Waykanan harus optimalkan fasilitas yang ada

Bupati Waykanan, Provinsi lampung, Raden Adipati Surya (Foto Antaralampung.com/Emir FS/Dok))

Keterbatasan pembangunan olahraga tidak harus membuat kita terlena dan kurang semangat dalam membangun dunia olahraga ke arah yang lebih baik.
 Waykanan, (ANTARA Lampung) - Bupati Waykanan, Provinsi Lampung Raden Adipati Surya mengimbau kepada ketua umum KONI setempat yang baru untuk mengoptimalkan fasilitas yang ada guna meningkatan prestasi olahraga daerah tersebut.
   
 "Keterbatasan pembangunan olahraga tidak harus membuat kita terlena dan kurang semangat dalam membangun dunia olahraga ke arah yang lebih baik. Berbagai kiat dan terobosan yang cerdik harus kita berdayakan, tidak hanya berasal dari Pemerintah dan Pembina olahraga saja, tetapi yang lebih penting adalah upaya dan kepedulian kita semua sebagai anak bangsa, untuk menciptakan pembangunan dan pemberdayaan olahraga di Kabupaten Waykanan ini,” kata dia, di Waykanan, Rabu.
    
Adipati mengatakan,  Komite Olahraga Nasional Indonesia adalah organisasi keolahragaan nasional yang berwenang dan bertanggungjawab, mengelola, membina, mengembangkan, dan mengkoordinasikan setiap dan seluruh pelaksanaan kegiatan olahraga prestasi setiap anggota di Wilayah Hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.
   
 Kemudian dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi organisasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) mempunyai tujuan mewujudkan prestasi olahraga yang membanggakan, membangun watak, mengangkat harkat dan martabat kehormatan bangsa dalam rangka ikut serta mempererat, membina persatuan dan kesatuan bangsa, serta memperkokoh ketahanan nasional.
   
Sementara itu, Ketua Umum KONI Waykanan terpilih Deni Ribowo menyampaikan bahwa ia akan siap mewujudkan prestasi atlet Waykanan yang mampu bersaing  di tingkat provinsi maupun nasional.
    
“Ke depan kita akan menyusun skala prioritas pembinaan olahraga prestasi berdasarkan potensi setiap cabang olahraga. Mewujudkan pemanduan atlet berbakat dan pembinaan prestasi dan menerapkan pemusatan latihan . Itu semua kita akan lakukan untuk mewujudkan kemajuan Kualitas atlet Waykanan hingga mampu bersaing di tingkat nasional," kata dia.
   
 Sementara itu, Sekum KONI Provinsi Lampung Margono Tamudji mengatakan musyawarah olahraga kabupaten Waykanan dilaksanakan berdasarkan surat Ketua Umum KONI Provinsi Lampung Nomor : B.284/KONI-LPG/XI/2016 tanggal 21 November 2016, perihal pelaksanaan Musrokab II tahun 2016 KONI Kabupaten Waykanan, karena masa kepengurusan berakhir tahun ini.
   
Terkait pemilihan bakal calon ketua, Margono menjelaskan, syarat  yang harus terpenuhi di antaranya yakni, bakal calon harus didukung minimal 5 cabang olahraga yang masih aktif dalam masa kepengurusannya. Mempunyai manajerial, pengabdian dan waktu yang cukup untuk mengelola organisasi olahraga pada umumnya dan KONI pada khusunya. Mampu menjadi pengayom dan pemersatu semua unsur masyarakat olahraga.
   
 “Berdasarkan hasil rapat pleno Musrokab KONI Way Kanan ke II ini, Deni Ribowo yang merupakan calon kandidat pemilihan ketua KONI yang baru telah memenuhi syarat tersebut dan akhirnya terpilih secara aklamasi atas dukungan para cabor yang menjadi peserta dalam Musorkab kali ini,” tegasnya.