Pemprov Lampung Fokus Pembangunan Program Unggulan

id wakil gubernur lampung, abchtiar basri, program pembangunan, infrastruktur

Pemprov Lampung Fokus Pembangunan Program Unggulan

Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri (FOTO: ANTARA Lampung/Dinas Kominfo Provinsi Lampung)

...Program pembangunan itu diantaranya, infrastruktur, pembangunan desa tertinggal, sarana dan prasaran transportasi, pembangunan industri maupun sumber daya manusia yang lebih berkualitas, kata Bachtiar...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung terus fokus pada pelaksanaan pembangunan program unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat daerah setempat.

"Program pembangunan itu diantaranya, infrastruktur, pembangunan desa tertinggal, sarana dan prasaran transportasi, pembangunan industri maupun sumber daya manusia yang lebih berkualitas," kata Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyebutkan, saat ini Lampung merencanakan pembangunan kawasan industri di wilayah bagian timur Provinsi Lampung, wilayah tengah Provinsi Lampung yang terfokus pada ketahanan pangan, dan wilayah barat akan dikembangkan industri pariwisata.

Selain itu, Provinsi Lampung juga melaksanakan Program Gerbang Desa Saburai. Program ini merupakan gerakan pembangunan untuk percepatan pembangunan di desa, baik pembangunan infrastruktur maupun peningkatan perekonomian rakyat.

Prioritas pembangunan lainnya, pada 2016 juga berfokus pada pembangunan jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang yang merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Jalan tol tersebut melintasi 3 kabupaten, 18 kecamatan serta 70 desa. Di sektor Perhubungan Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk menjadikan Bandara Radin Inten II Lampung sebagai Bandara embarkasi haji penuh atau bandara internasional, pada 2017--2018.

"Pemerintah Provinsi Lampung juga sangat serius membangun program perkeretaapian. Program ini diharapkan dapat mendukung aktivitas masyarakat dan mempermudah akses transportasi di Provinsi Lampung. Selain itu Provinsi Lampung juga memilki modal kuat untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim, yaitu dengan membangun pelabuhan serta dermaga," ujar Wagub.

Sebelumnya, Ketua Komisi V DPR Yudi Widiana Adia menyampaikan Lampung adalah salah satu provinsi yang luar biasa pertumbuhannya dan merupakan provinsi yang kaya akan potensi yang perlu terus dikembangkan.

"Komisi V akan berupaya menyambungkan aspirasi daerah dengan kebijakan pusat," ujarnya.(Ant)