Jaksa Agung: Mahasiswa Persiapkan Mengabdi untuk Negara

id Jaksa Agung di Lampung, Jaksa Agung, Alumni Lampung

Jaksa Agung: Mahasiswa Persiapkan Mengabdi untuk Negara

Jaksa Agung HM Prasetyo (kanan) bersama alumni Fakultas Hukum Universitas Lampung, di Bandarlampung, Kamis (15/12). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Jaksa Agung HM Prasetyo mengingatkan para mahasiswa untuk sebaik mungkin mempersiapkan diri untuk mengabdi kepada negara, mengingat generasi muda merupakan penerus bangsa.

"Mahasiswa saat ini khususnya dari Universitas Lampung harus sudah mempersiapkan diri untuk negara," kata Prasetyo, dalam kuliah umum sekaligus peresmian gedung alumni Fakultas Hukum Universitas Lampung (Unila), di Bandarlampung, Kamis (15/12).

Dia yang juga alumni Universitas Lampung mengatakan, mahasiswa Unila harus bisa menunjukkan jati diri dan membuat bangga daerahnya.

Ia melanjutkan, di antara para mahasiswa saat ini akan ada banyak pemimpin baru yang siap membuat bangsa menjadi besar.

"Saya awalnya tidak percaya akan jadi seperti ini, tapi dengan kerja keras dan bersungguh-sungguh semua pasti bisa," katanya.

Ia mengharapkan, akan ada lagi mahasiswa Unila dari Fakultas Hukum yang seperti dirinya.

Jaksa Agung juga menyampaikan saat ini ada Program Jaksa Masuk Sekolah yang bertujuan memberikan penyadaran kepada siswa agar berperilaku antikorupsi.

"Mahasiswa juga harus sadar bahwa korupsi itu sangat berbahaya, sehingga kita perlu menyukseskan program tersebut," kata dia.

Menurut Prasetyo, sebanyak 158.000 siswa dari 842 sekolah telah mengikuti Program Jaksa Masuk Sekolah itu.

"Program Jaksa Masuk Sekolah ini bertujuan memberikan penyadaran kepada pelajar untuk siap memerangi korupsi," katanya.

Dia mengingatkan bahwa saat ini korupsi sudah masuk dalam kategori kejahatan luar biasa.

Jaksa Agung menyatakan, program yang berlangsung sejak dua tahun lalu itu harapannya akan terus dilaksanakan dengan sasaran seluruh elemen pendidikan.

Ia menegaskan bahwa program itu merupkan upaya preventif dalam menghentikan tindak pidana korupsi yang sudah merajalela.

Jaksa Agung HM Prasetyo didaulat menjadi Ketua Ikatan Alumni (IKA) Universitas Lampung oleh Rektor Unila Prof Hasriadi Mat Akin.

Prasetyo yang merupakan alumni Fakultas Hukum Unila tahun 1971, dalam kunjungan tersebut juga meresmikan gedung alumni FH Unila Hilman Hadikusuma.