HKN Di Way Kanan Ajak Masyarakat Hidup Sehat

id khn ke-52 way kanan, farida aryani, kepala dinkes wa kanan

HKN Di Way Kanan Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya didamping Wakil Bupati, Edward Antony, menyerahkan penghargaan dan bantuan kepada dokter umum dan masyarakat dalam rangka HKN-ke 52 di Way Kanan, Senin (5/12) (Foto Antaralampung.com/Emir FS)

...Gerakan ini bertujuan agar masyarakat berprilaku sehat, sehingga diharapkan berdampak pada kesehatan yang terjaga dan terciptanya lingkungan yang bersih, sehingga produktivitas masyarakat meningkat...
Way Kanan, Lampung (ANTARA Lampung) - Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 di Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, Senin (5/12), mengajak masyarakat di daerah itu untuk hidup sehat guna mencapai Indonesia Kuat.

Peringatan HKN yang dipusatkan di Kecamatan Negeri Besar tersebut dihadiri oleh Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya dan Wakil Bupati, Edward Antony serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Way Kanan dan tokoh masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, Farida Aryani menjelaskan, HKN ke-52 Tahun 2016 mengambil tema  "Indonesia Cinta Sehat" dan sub tema "Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat".

Maksud tema tersebut untuk membangkitkan kembali pesan-pesan kesehatan bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat, berpartisifasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional, sehingga nantinya akan terbangun kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan untuk mencapai Indoneisa Kuat, katanya.

Farida mengatakan, HKN ke-52 terus mencanangkan program prioritas pembangunan kesehatan melalui program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga dan pada 15 November 2016, Presiden Joko Widodo telah meluncurkan "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat" atau disingkat GERMAS Hidup Sehat.

GERMAS Hidup Sehat adalah suatu tindakan sistematis yang terencana yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

"Gerakan ini bertujuan agar masyarakat berprilaku sehat, sehingga diharapkan berdampak pada kesehatan yang terjaga, terciptanya lingkungan yang bersih, sehingga dalam kondisi sehat, produktivitas masyarakat meningkat dan biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat juga akan berkurang," tegas Farida, alumni Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang ini.

Kegiatan GERMAS Hidup Sehat antara lain dilakukan dengan cara aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksakan kesehatan secara rutin, membersihakan lingkungan dan buang air menggunakan jamban.

Pelaksanakan gerakan ini tidak hanya dilakukan oleh jajaran kesehatan, tapi juga harus dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat, baik jajaran pemerintahan, swasta, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan maupun masyarakat untuk bersama-sama berkontribusi menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat.

Peringatan HKN ke-52 ini merupakan momen untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat semua pihak, untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Semangat melayani, semangat menggerakan, semangat untuk mampu menangkapkan aspirasi masyarakat, dan semangat untuk memandirikan dan memberdayakan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya mengharapkan agar masyarakat juga berperan dalam mensukseskan kegiatan GERMAS Hidup Sehat dengan selalu menjaga kesehatan tubuh dari penyakit lantaran kurangnya asupan vitamin, gizi dan lainnya.
 
Pada kesempatan itu, Bupati memberikan penghargaan kepada beberapa dokter umum yang telah lama mengabdi kepada masyarakat, bantuan kendaraan dinas untuk kepentingan oprasional, dan bantuan bagi keluarga kurang mampu serta bantuan untuk ibu hamil. (Ant)