Meski musim hujan, pasokan beras lancar

id beras, panen padi, sawah

Meski musim hujan, pasokan beras lancar

Ilustrasi/ Pedagang beras (ist)

Bandarlampung (Antara Lampung)- Sejumlah pedagang beras di Kota Bandarlampung menyebutkan pasokan beras masih lancar meski musim hujan tengah melanda wilayah Provinsi Lampung, sehingga harga kebutuhan pokok itu tidak mengalami kenaikan.
    
"Sejak awal bulan hingga sekarang, harga beras relatif stabil. Permintaan atas beras juga tidak meningkat volumenya. Pasokan beras juga lancar, meski sedang musim hujan," kata Rosmini Rodjie, salah satu pedagang beras di Pasar Tugu Bandarlampung, Senin.
     
Ia memperkirakan harga beras masih sulit naik tinggi menjelang Natal dan Tahun Baru, karena volume permintaan atas beras biasanya tak mengalami lonjakan.
     
Harga beras kualitas asalan masih berkisar Rp8.000- Rp8.400/kg, sedang harga beras kualitas medium dan premium juga masih bertahan di kisaran Rp9.000- Rp13.000/kg.
     
"Pengiriman beras dari penggilingan juga lancar. Kalau kita pesan, langsung dikirimkan," katanya.
      
Pedagang beras lainnya, Edi Susanso, juga menyebutkan harga beras relatif stabil, dan pasokannya tetap lancar.      Sementara itu, Perum Bulog Divisi Regional Lampung optimistis target penyerapan beras pada tahun 2016 akan mencapai 140 ribu ton.
       
Kepala Perum Bulog Divre Lampung Dindin Syamsudin, menyebutkan hingga minggu pertama November 2016 penyerapan beras Bulog di Lampung sudah mencapai 134.000 ton, sehingga optimistis target 140.000 ton dapat terpenuhi.
        
Dia menyebutkan saat ini stok beras yang tersimpan di gudang Bulog Divre Lampung sebanyak 55.000 ton, atau cukup memenuhi kebutuhan masyarakat hingga April 2017.
       
Pada Maret 2017, panen padi  di Lampung diperkirakan sudah mulai berlangsung (Ant).