Di Kabupaten Mesuji, program bantuan rumah tak tepat sasaran

id Mesuji, bantuan rumah, warga miskin

Di Kabupaten Mesuji, program bantuan rumah tak tepat sasaran

Salah satu rumah yang tidak mendapatkan program bantuan di Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung (ANTARA LAMPUNG/Raharja)

Mesuji (Antara Lampung) - Sebagian warga Kabupaten Mesuji di perbatasan Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan mengeluhkan program bantuan rumah layak huni yang tidak tepat sasaran.
    
Menurut salah satu warga  Desa Wira Bangun Kabupaten Mesuji,Darmaji, Sabtu, banyak warga yang seharusnya layak mendapat bantuan perbaikan rumah, justru mereka tidak masuk dalam daftar penerimaa program yang dilaksanakan Dinas PU Kabupaten Mesuji itu.
    
Ia menyebutkan dirinya beberapa kali ditawari program bantuan tersebut, namun tidak pernah ada realisasinya hingga saat ini.
    
"Pernah dulu difoto-foto katanya mau dapat bantuan dari pemerintah, rumahnya mau diperbaiki. Tapi sampai saat ini gak pernah ada. Yang dapat malah yang tergolong mampu," kata petani karet itu
    
Hal senada juga disebutkan Dedi, warga Kecamatan Way Serdang lainnya.
    
Menurutnya, program bantuan rumah layak huni memang banyak tidak tepat sasaran.
    
Ia menyebutkan dirinya pernah ditawari akan mendapat bantuan Rp7,5 juta hingga Rp12 juta, namun hal tersebut hanya pendataan saja karena tidak pernah terealisasi.
    
"Saya bahkan sudah menyiapkan kayu, pasir dan kebutuhan lainnya. Tinggal untuk membayar ongkos tukangnya. Tapi ternyata nggak jadi, nggak tahu kenapa," katanya.
    
Kendati tak tepat sasaran, para warga mengharapkan program bantuan perbaikan rumah itu tetap dilaksanakan, namun harus warga miskin yang mendapatkannya, bukan orang mampu.