Australia keluarkan "peringatan" akibat serbuan nyamuk

id Nyamuk, Australia

Australia keluarkan "peringatan" akibat serbuan nyamuk

Nyamuk

Melbourne Antara/Xinhua-OANA) - Pemerintah Victoria telah diperingatkan bahwa populasi nyamuk di negara bagian itu telah bertambah setelah Musim Semi basah --yang di luar kebiasaan.
        
Pihak berwenang dari Departemen Kesehatan menyatakan cuaca telah menyediakan kondisi perkembang-biakan "yang sempurna" buat hama tersebut dan akibatnya pemerintah telah dipaksa memulai program pengendalian populasi nyamuk sebulan lebih awal daripada biasanya.
        
Departemen itu mengkonfirmasi bahwa pemantau nyamuk penuh-waktu telah dilakukan untuk menyemprot daerah dengan air tak mengalir, tempat hama berkembang-biak, di beberapa daerah di seluruh Melbourne.
        
Charles Guest, Pejabat Kepala Kesehatan Victoria, mengatakan nyamuk di Victoria dapat menyebarkan virus Sungai Ross dan Barmah Forest dan, dalam kejadian langka, virus Ensefalitis Lembah Murray (MVE) --yang bisa mematikan dan dapat membuat otak membengkak.
        
Guest mengatakan ada 301 kasus virus Sungai Ross, yang dilaporkan, dan 11 kasus Barmah Forest, yang dapat mengakibatkan radang sendi, nyeri dan ruam, pada musim panas 2015/2016 tapi jumlah itu dapat membengkak tahun ini.
        
"Penting untuk menjaga anakkecil dan bayi dengan menggunakan penolak nyamuk, kelambu, menjamin bahwa mereka yang tak bisa melindungi diri mereka sendiri, sejauh mungkin, dilindungi dari gigitan nyamuk," kata Guest kepada Australian Broadcasting Corporation (ABC) pada Jumat.
        
"Nyamuk hidup dalam kondisi lembab dan saat cuaca bertambah hangat, ada lebih banyak nyamuk," kata Guest, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat malam.
       
Susan Lawler, seorang ahli serangga dari La Trobe University, mengatakan salah satu cara yang paling efisien untuk membuat rumah warga bebas nyamuk ialah membiarkan laba-laba, terutama spesies opiliones, tak terganggu.
        
"Saya memelihara sebagian laba-laba di sudut kamar mandi saya sebab mereka melakukan kebersihan buat saya," kata lawler kepada ABC.
        
"Saya tahu tidak setiap orang dapat melakukan itu, tapi (laba-laba) di sini dan di sana bukan gagasan yang buruk. Merka membunuh sangat banyak (nyamuk)," katanya.
        
"Jadi, laba-laba akan menjadi teman kamu selama beberapa pekan ke depan," ia menambahkan.

Penerjemah : Chaidar