Pemkot Bandarlampung kampanyekan cuci tangan sebelum makan

id kepala dinas kesehatan, kota bandarlampung, edwin rusli

Pemkot Bandarlampung kampanyekan cuci tangan sebelum makan

Kepala Dinas Kesehatan Bandarlampung dr. Edwin Rusli (FOTO: ANTARA Lampung/istimewa)

... "Banyak sekali penyakit yang disebabkan karena bakteri dan kuman di antaranya disentri serta diare, katanya...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kota Bandarlampug berupaya membudayakan hidup sehat dengan mengkampanyekan mencuci tangan sebelum makan di lingkungan sekolah di kota ini.

"Kegiatan cuci tangan sebelum makan ini untuk mengkampanyekan hidup sehat, karena awal dari penyakit kerap timbul dari tangan yang kotor dan tidak dicuci terkadang tidak kita sadari," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Edwin Rusli, di Bandarlampung, Kamis (27/10).

Dia mengatakan, kegiatan itu sekaligus untuk memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia yang digelar di SDN 1 Keteguhan, Kecamatan Telukbetung Timur (TBT) pada Rabu (26/10), dan untuk memperkenalkan kepada anak-anak betapa penting hal itu.

Ia menjelaskan, sumber kuman dan bakteri berasal dari tangan yang kotor serta makanan yang tidak higienis, sehingga sejak dini harus diajarkan kepada anak-anak untuk membersihkan tangan sebelum makan.

Menurut dia, hendaknya para siswa sekolah di Bandarlampung menjadikan momentum Hari Cuci Tangan Sedunia 2016 ini sebagai awal kehidupan yang bersih dan sehat.

"Banyak sekali penyakit yang disebabkan karena bakteri dan kuman di antaranya disentri serta diare," kata dia pula.

Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kerakyatan Kota Bandarlampung Pola Pardede mengatakan, gerakan cuci tangan sebelum makan ini harus dibiasakan agar bisa hidup sehat.

"Seluruh aktivitas kita menggunakan tangan, sehingga dengan mencucinya bisa mencegah masuk penyakit," kata dia, mewakili Wali Kota Bandarlampung Herman HN.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bandarlampung Eva Dwiana mengatakan kegiatan ini harus bisa dibudayakan untuk menciptakan warga yang sehat.

"Kegiatan ini juga untuk memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia tiap tahun digelar di sekolah dasar di sini," kata dia pula.

Kegiatan yang digagas oleh Tim Penggerak PKK Kota Bandarlampung itu bertujuan untuk mengenalkan perilaku hidup sehat sedini mungkin bagi anak-anak.

Eva Dwiana menegaskan kesehatan adalah salah satu perilaku hidup bersih dan sehat, sehingga budaya mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum makan harus rutin dilakukan.(Ant)