Darmajaya Gelar Minat Bakat Fair 2016

id Minat Bakat Fair Darmajaya 2016, Minat Bakat Fair

Darmajaya Gelar Minat Bakat Fair 2016

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Pengembangan Sumber Daya IBI Darmajaya Muprihan Thaib SSos MM meninjau pelaksanaan Minat Bakat Fair 2016, di Kampus Darmajaya, Bandarlampung, Kamis (27/10).(FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Ribuan mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya nampak antusias memadati lapangan futsal kampus setempat dalam kegiatan Minat Bakat Fair 2016.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat (27-28/10) ini menjadi ajang bagi mahasiswa Darmajaya untuk melatih jiwa technopreneur dan organisator kampus.

Beragam produk usaha kreatif dijajakan mahasiswa mulai dari kuliner, fashion, cenderamata,  dan kerajinan tangan. Tak sekadar berjualan untuk meraih keuntungan, bazar tersebut juga melatih mahasiswa untuk merasakan langsung menjadi seorang wirausaha.

Selain itu, produk penelitian yang dihasilkan mahasiswa  juga ikut dipamerkan. Salah satunya, Hima Sistem Komputer dan Teknik Komputer (Stekom) menampilkan alat smart storage yang dapat melaporkan persediaan bahan pokok kebutuhan di dapur melalui smartphone. Ada pula, alat jemuran otomatis yang bekerja dengan menggunakan sensor cahaya dan air.

Ketua pelaksana Kurnia Jaya Andika mengatakan, dengan mengusung tema "Ciptakan Technopreneur Muda yang Kreatif dan Berjiwa Organisator", kegiatan ini memiliki agenda utama yakni bazar technopreneur dan open recruitment organisasi kemahasiswaan (orkem).

"Bazar technopreneur diikuti oleh 30 stan kelas minat bakat, dan 20 stan vendor. Terdapat pula 30 stan orkem yang open recruitment terdiri dari Badan Eksekuitf Mahasiswa (BEM), Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa (Hima), dan Komunitas," ujarnya lagi.

Menanggapi kegiatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Pengembangan Sumber Daya IBI Darmajaya Muprihan Thaib SSos MM mengapresiasi serta mendukung para mahasiswa Darmajaya untuk memiliki jiwa technopreneur dan organisator.

Dia mengungkapkan, mahasiswa Darmajaya diwajibkan untuk mengikuti minimal 2 organisasi kemahasiswaan yakni himpunan mahasiswa jurusan dan UKM keagamaan. Hal itu bertujuan agar mahasiswa dapat mengembangkan ilmu pengetahuannya di bidang akademik sesuai dengan jurusan melalui Hima, dan menambah ketaatan dalam beribadah sesuai kepercayaan masing-masing dalam UKM keagamaan.

Menurutnya, sesuai dengan tagline, "Be Bold, Be Vibrant, Be Technopreneur", Darmajaya ingin membentuk mahasiswa-mahasiswa tangguh yang mampu berkompetisi di tingkat nasional dan internasional, menjadi kampus yang hidup melalui organisasi kemahasiswaan, serta menghasilkan lulusan-lulusan berjiwa technopreneur.

"Lulusan Darmajaya diharapkan bisa mandiri, tak hanya mampu bersaing di dunia kerja tetapi juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri maupun orang lain serta bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat," ujarnya pula.