Kelompok Tani Lampung Tengah Mengadu ke F-PKS

id ketua dpd pks lamteng anton

Kelompok Tani Lampung Tengah Mengadu ke F-PKS

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Lampung Tengah Anton Robbani (ist)

...program penyampaian aspirasi ini menjadi bukti bahwa koordinasi dan serap aspirasi di PKS berjalan dengan sistematis...
Lampung Tengah  (ANTARA Lampung) - Para petani anggota kelompok tani bersama para kepala desa/kampung dari Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah menyampaikan pengaduan kepada Fraksi Partai Keadilan Sejahtera di DPR RI di Jakarta.

Ketua Dewan Pengurus Daerah PKS Lampung Tengah Anton Robbani, saat dihubungi dari Bandarlampung, Rabu, membenarkan sebagai pemimpin rombongan, didampingi anggota F-PKS DPRD Lampung Tengah Sukarman, untuk menyampaikan aspirasi para petani dan perangkat desa itu ke F-PKS di DPR RI.

Aspirasi para petani itu disampaikan di ruang F-PKS DPR RI, Gedung Nusantara I DPR RI di Jakarta, Selasa (25/10).

"Seperti mimpi pak, kami bisa masuk ke sini," ujar Kepala Kampung Rukti Endah, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah Ahmad Suyatni yang bersama rombongan menyampaikan aspirasinya di ruang F-PKS bertepatan dengan Hari Aspirasi yang digelar F-PKS setiap hari Selasa itu pula.

Suyatni bersama tak kurang dari tiga puluh kepala desa, kepala kampung, serta ketua-ketua kelompok tani dan kelompok ternak dari Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah, di hadapan anggota F-PKS dari Daerah Pemilihan Lampung Ahmad Junaidi Auly, dan anggota Komisi IV Andi Akmal Pasluddin, menyampaikan kemasygulan terkait kesulitan mengakses program-program pemerintah bagi kelompok-kelompok tani (poktan) dan kelompok ternak di tempat mereka.

"Banyak di antara poktan dan kelompok ternak yang sudah terdaftar di dinas setempat yang gagal mendapat bantuan program pemerintah karena belum berbadan hukum," ujar Suyatni.

Setelah difasilitasi untuk memiliki badan hukum, kini mereka minta agar poktan dan poknak ini juga dikawal agar dipermudah mendapat akses program-program pemerintah.

"Misalnya pernah ada bantuan alat panen, pernah juga bantuan alat pengelolaan limbah ternak dari Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten, nama-nama poktan ini tercatat, tapi gagal diteruskan karena masalah badan hukum tadi," ujar Suyatni lagi.

Dalam kesempatan itu Andi Akmal berjanji akan mengawal proses penerimaan bantuan bagi poktan dan poknak yang memang sudah memenuhi syarat.

Menurut Ketua PKS Lampung Tengah Anton Robbani, program penyampaian aspirasi ini menjadi bukti bahwa koordinasi dan serap aspirasi di PKS berjalan dengan sistematis.

"Jadi bukan hanya Pak Junaidi yang bisa turun mendengar aspirasi di dapil, tapi masyarakat sendiri bahkan bisa langsung menyampaikan aspirasi ke Senayan," ujar Anton.

Anggota F-PKS dari Lampung Ahmad Junaidi Auly menegaskan bahwa setiap aspirasi yang masuk ke Fraksi PKS DPR RI akan diperjuangkan secara maksimal sesuai amanat Ketua Majelis Syuro DPP PKS Dr Salim Segaf Al Jufri yang mewanti wanti bahwa serap aspirasi bukan basa basi dan sekadar pencitraan saja.(Ant)