SK Pelaksana Tugas Bupati Segera Diserahkan

id asbid pem rifki wiryawan, sk plt bupati

SK Pelaksana Tugas Bupati Segera Diserahkan

Asisten Bidang Pemerintahan Rifki Wirawan saat memimpin rapat persiapan penyerahan SK PLT Bupati di beberapa kabupaten yang melaksanakan Pilkada 2017 di di Ruang Rapat Asisten Pemerintahan, Selasa (25/10) . (FOTO: Kominfo Provinsi Lampung)

...Kita sudah mengusulkan nama untuk Plt, namun hasil keputusan dari pusat dan masih menjadi rahasia. Sehingga tidak etis jika di buka sebelum waktunya, katanya...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung menggelar rapat persiapan penyerahan surat keterangan pelaksana tugas bupati di beberapa kabupaten yang melaksanakan pemilihan kepala daerah pada 2017.

"Sebanyak lima kabupaten di Lampung akan melaksanakan pilkada secara serentak pada 15 Februari 2017. Kelima kabupaten itu, yakni Pringsewu, Lampung Barat, Mesuji, Tulangbawang dan Tulangbawang Barat," kata Asisten Bidang Pemerintahan Setprov Lampung Rifki Wiriawan di Bandarlampung, Selasa.

Ia menjelaskan, penyerahan SK Pelaksana Tugas Bupati Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Mesuji akan dilaksanakan pada Jumat (28/10) di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur dan pelantikan penjabat Bupati Pringsewu akan dilaksanakan pada Rabu (23/10) di Gedung Balai Keratun Lantai III Kantor Gubernur.

Sedangkan Kabupaten Lampung Barat tidak ada penyerahan SK Pelaksana Tugas Bupati dan Pelantikan Penjabat Bupati karena bupati definitifnya tidak ikut dalam Pilkada 2017.

Menurut dia, untuk mengisi kekosongan jabatan bupati bagi Kabupaten yang melaksanakan pilkada tersebut maka perlu diangkat penjabat bupati yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi pratama sampai dengan pelantikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Karena itu, pihaknya memandang perlu menggelar rapat persiapan guna membagi tugas masing-masing satuan kerja perangkat daerah dan kabupaten yang terlibat dalam pelantikan tersebut.

"Setiap satker telah mempunyai tupoksinya masing-masing. Sehingga rapat ini guna memantapkan tugas dari masing-masing satker agar acara pelantikan dan penyerahan SK Pelaksana Tugas Bupati tersebut nantinya berjalan lancar dan sukses," katanya.

Terkait calon penjabat bupati yang akan dilantik nantinya, Rifki menegaskan hal tersebut telah diusulkan oleh Gubernur Lampung kepada Menteri Dalam Negeri namun masih menjadi rahasia negara.

"Kita sudah mengusulkan nama untuk Plt, namun hasil keputusan dari pusat dan masih menjadi rahasia. Sehingga tidak etis jika di buka sebelum waktunya," kata dia.

Kepala Biro Otonomi Daerah Provinsi Lampung Chandri menyebutkan bahwa setiap kabupaten yang akan melaksanakan acara penyerahan SK Pelaksana Tugas dan Pelantikan Penjabat Bupati untuk menyiapkan sarana dan prasarana terkait acara tersebut.

Pihaknya juga menilai harus dilakukan koordinasi dan sinergitas secara berkesinambungan dengan jajaran Pemerintah Provinsi Lampung dan pihak terkait lainnya agar pelaksanaan penyerahan SK Plt dan pelantikan penjabat bupati dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

"Ke depan tugas dari Plt harus menyelesaikan Pilkada agar terselenggara dengan damai dan menjaga netralitas PNS di daerahnya," katanya. (Ant)