Polda Lampung Gelar Pengamanan Pilkada Rabu

id kabid humas polda lampung, sulistyaningsih, polda lampung, dukung mitigasi karhutla

Polda Lampung Gelar Pengamanan Pilkada Rabu

Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Sulistyaningsih (FOTO: ANTARA Lampung/Agus Setyawan)

... Sebanyak dua per tiga personel atau mencapai sekitar 12.000 pasukan termasuk personel dalam situasi kontijensi/darurat akan disiagakan untuk pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada lima kabupaten di Provinsi Lampung, kata Sulis...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Kepolisian Daerah Lampung akan menggelar apel pasukan pengamanan pemilihan kepala daerah pada Rabu (26/10).

"Sebanyak dua per tiga personel atau mencapai sekitar 12.000 pasukan termasuk personel dalam situasi kontijensi/darurat akan disiagakan untuk pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada lima kabupaten di Provinsi Lampung," kata Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Sulistyaningsih di Bandarlampung, Senin.

Menurut dia, apel pasukan itu tergabung dalam Operasi Mantap Praja Krakatau 2017 yang digelar serentak di masing-masing kabupaten penyelenggara Pilkada mendatang.

"Adapun dalam pelaksanaannya, wilayah Polres Mesuji akan digelar pasukan gabungan dengan Polres Tulangbawang yang dilaksanakan di Mapolres Tulangbawang," katanya.

Dua jajaran Polres tersebut akan mengamankan Pilkada di Kabupaten Mesuji, Tulangbawang dan Tulangbawang Barat.

"Apel tersebut akan langsung dipimpin oleh Kapolda Lampung Brigjen Sudjarno didampingi Karo Ops, Dir Intelkam, Kabid Propam, berserta Kapolres baik Lampung Timur, Lampung Tengah maupun Kota Metro," ujarnya.

Polres Tanggamus khususnya Kabupaten Pringsewu, apel pasukan akan dipimpin oleh Wakapolda Kombes Bonafasius Tampoi, didampingi Dir Binmas, Dir Pamobvit, Kapolresta Bandarlampung, serta Kapolres Lampung Selatan.

Sedangkan pilkada yang menjadi kendali Polres Lampung Barat akan dipimpin oleh Irwasda Polda Lampung Kombes Budi Santoso, didampingi Karo Sarpras, Dir Reskrimum, Dir Polair, Kapolres Lampung Utara serta Kapolres Waykanan.

Sulistyaningsih menambahkan, tema apel pasukan adalah "Dengan sinergitas TNI-Polri bersama seluruh elemen masyarakat kita sukseskan penyelenggaraan Pilkada 2017 di wilayah hukum Polda Lampung".

"Pada saat itu juga akan dilangsungkan deklarasi damai oleh peserta Pilkada sehingga diharapkan tidak akan ada kerusuhan, keributan atau bentrok antar pendukung pada masa kampanye maupun saat perhitungan suara mendatang," katanya.

Ia mengimbau seluruh simpatisan dan pendukung pasangan calon kepala daerah dapat menjaga kondisi tetap kondusif serta menerima seluruh hasil pilihan masyarakat pada ajang pesta demokrasi tersebut.

Berdasarkan data kekuatan Polda Lampung sekitar 2.498 personel, kekuatan Polres 7.962 total 10.460 personel atau 2/3 kekuatan Polda Lampung 1.665 (27 satuan kerja) 2/3 kekuatan Polres 5.308 total 6.973 dengan kontejensi 2/3 kekuatan Polda Lampung 1.433 (15 Satker) 2/3 kekuatan sedangkan Polres 5.308 total 6.741 personel.

Artinya, kata Kabid Humas, sebanyak kurang lebih 12 ribu personel akan siap siaga untuk melakukan pengamanan Pilkada di lima kabupaten penyelenggara pesta demokrasi itu.  (Ant)