Pemkot Bandarlampung Luncurkan 256 Website Sekolah Dasar

id wali kota dan website sd, herman hn, wali kota bandarlampung

Pemkot Bandarlampung Luncurkan 256 Website Sekolah Dasar

Wali Kota Bandarlampung Herman HN saat melouncing website tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kota Bandarlampung di gedung Semergou. Senin, (24/10) (FOTO: Dinas Kominfo Bandarlampung)

...Website ini tidak lain sebagai upaya untuk mengakses informasi sekolah, sehingga orang tua murid tidak perlu lagi datang ke sekolah, kata Wali Kota...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kota Bandarlampung meluncurkan 256 website atau portal sekolah dasar untuk mempermudah proses belajar mengajar.

"Website ini tidak lain sebagai upaya untuk mengakses informasi sekolah, sehingga orang tua murid tidak perlu lagi datang ke sekolah," kata Wali Kota Bandarlampung, Herman HN di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan, peluncuran website SD itu berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika nomor 03 Tahun 2016 tentang Penetapan Program Satu Juta Nama Domain Indonesia.

Dengan adanya website ini, inovasi dari pihak sekolah atau pun yang lain bisa lebih banyak, terutama di bidang pendidikan.

"Website ini pun sebagai sarana untuk mempromosikan sekolah dan juga wujud keterbukaan informasi publik," kata dia.

Menurut Herman, ini juga sebagai media pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah. Dari 256 sekolah itu dengan rincian SD negeri 195 sekolah dan SD swasta 61 sekolah.

Website ini sebagai sarana berkomunikasi dengan sekolah dan siswa, alumni serta stake holder secara luas.

Pihak sekolah pun bisa menerbitkan artikel tentang materi pembelajaran atau pelajaran lainnya serta guru bisa memberikan tugas terhadap siswa melalui website tersebut.

"Website ini bisa menunjang kegiatan pembelajaran yang berbasis teknologi informasi," kata dia.

Selain itu, ini juga bisa menjadi sarana promosi bagi sekolah yang cukup efektif dan berbagai kegiatan positif dikenalkan melalui website tersebut.

"Dengan demikian kegiatan-kegiatan yang berprestasi bisa dipromosikan melalui website tersebut," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandarlampung, Suhendar mengatakan, website ini untuk sementara baru untuk SD, sementara SMP dan SMA akan menyusul.

"Ini sebagai upaya untuk mempermudah proses belajar mengajar dan juga dalam menghadapi era globalisasi," kata dia.

Ia mengatakan, di zaman era globalisasi seperti saat ini sudah saatnya sekolah mulai menggunakan tekhnologi salah satunya dengan website.

Guru dan siswa pun dapat berkomonikasi melalui program itu dengan cara memberikan pekerjaan rumah yang di unggah ke website tersebut, sementara orang tua pun bisa mengetahui perkembangan sekolah dan siswa melalui website, katanya. (Ant)