Sekda: Ekonomi Lampung tumbuh 4,33 persen

id sekdaprov lampung, sutono, ekonomi lampung

Sekda: Ekonomi Lampung tumbuh 4,33 persen

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono (FOTO: ANTARA Lampung/Dinas Kominfo Provinsi Lampung)

...Pesatnya kegiatan ekonomi ini terutama didorong oleh meningkatnya konsumsi rumah tangga dan investasi, kata Sutono...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono mengatakan perekonomian Provinsi Lampung pada kuartal kedua 2016 tumbuh sebesar 4,33 persen yang merupakan pertumbuhan tertinggi di Sumatera.

"Pesatnya kegiatan ekonomi ini terutama didorong oleh meningkatnya konsumsi rumah tangga dan investasi," kata Sekda Provinsi Lampung Sutono di Bandarlampung, Minggu.

Ia menyebutkan, perkembangan yang cukup signifikan ini menunjukkan bahwa upaya pemerintah dalam menginisiasi kegiatan ekonomi di daerah mulai memperlihatkan hasilnya.

Menurutnya, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, peningkatan konsumsi rumah tangga tersebut karena adanya peningkatan konsumsi pada komponen penginapan dan hotel serta komponen rekreasi dan budaya.

Hal itu, lanjutnya, menunjukkan bahwa Lampung telah menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk berlibur, dimana terjadi peningkatan jumlah wisatawan nusantara mencapai rata-rata 30 persen dan wisatawan mancanegara 28 persen sejak tahun 2012 serta jumlah hotel di Provinsi Lampung juga peningkatannya cukup signifikan yaitu sebesar 25,5 persen sejak 2014.

Sutono menambahkan kesejahteraan masyarakat saat ini terus meningkat seiring naiknya tren pendapatan perkapita di Provinsi Lampung yang telah mencapai angka 31,19 juta rupiah tahun 2015, meningkat cukup tajam dari tahun 2013 yang saat itu hanya sebesar 20,72 juta rupiah.

"Terbukanya konektivitas melalui pembangunan Jalan Tol Sumatera, juga membuka peluang investasi di kawasan-kawasan pusat pertumbuhan ekonomi baru, baik di sektor industri maupun pariwisata," jelasnya.

Ia menambahkan, rancang bangun kawasan-kawasan tersebut, diharapkan mampu mengembangkan sektor-sektor produktif yang dapat memperkuat keberdayaan masyarakat dan memperluas kesempatan kerja tidak hanya di Provinsi Lampung namun juga di wilayah regional Sumatera.(Ant)