Penalti Messi amankan kemenangan dramatis Barca

id Penalti Messi amankan kemenangan dramatis Barca, messi, lionel messi

 Penalti Messi amankan kemenangan dramatis Barca

Lionel Messi melesak trigol saat kalahkan Manchester City 4-0 di Liga Champions, Kamis (20/10) dinihari (Foto : AFP/Net)

Barcelona,  (Antara/Reuters) - Lionel Messi mencetak gol penalti menjelang pertandingan usai untuk mengamankan kemenangan 3-2 bagi juara bertahan Barcelona di markas Valencia, pada pertandingan Liga Spanyol yang berlangsung menarik dan kontroversial pada Sabtu.
 
Penyerang Barca Messi mencetak gol ke gawang Valencia untuk musim kesepuluh secara beruntun, untuk membawa Barca memimpin pada menit ke-22, meski Luis Suarez berada dalam posisi offside dan mengganggu pandangan kiper Diego Alves.

Sebelumnya, kapten Barca Andres Iniesta harus ditandu keluar lapangan karena cedera lutut, dan Sergio Busquets beruntung tidak diganjar kartu kuning kedua sebelum turun minum.

Valencia membalikkan keadaan dalam rentang empat menit di babak kedua, Munir menyamakan kedudukan dengan mencetak gol ke gawang klub pemiliknya dan Rodrigo Moreno membawa tuan rumah berbalik memimpin pada menit ke-56.

Suarez mengemas gol pada menit ke-64 untuk membawa Barca menyamakan kedudukan, dan setelah Nani menyia-nyiakan peluang untuk memberikan kemenangan bagi Valencia, pemain Uruguay itu membuat timnya mendapat hadiah penalti pada fase akhir pertandingan, di mana penalti itu sukses dikonversi Messi untuk mengamankan tiga angka.

Di tempat lain, Espanyol bermain imbang 3-3 dengan Eibar, Real Sociedad menang 3-0 atas Alaves pada "derby" Basque, dan tim juru kunci Granada ditahan imbang tanpa gol oleh tamunya sesama tim papan bawah Sporting Gijon.

Barcelona untuk sementara memuncaki klasemen dengan 19 angka. Atletico Madrid dan Real Madrid, keduanya memiliki 18 angka, akan bermain pada Minggu, Atletico mengunjungi Sevilla dan Real Madrid menjamu Athletic Bilbao.

"banyak hal terjadi pada pertandingan, yang terburuk adalah (yang menimpa) Andres," kata pelatih Barca Luis Enrique. "Pada akhirnya kami memperlihatkan bahwa kami mampu mengatasi kesulitan."
   
Markas Valencia, Mestalla, penuh untuk pertama kalinya pada musim ini ketika para penggemar menyambut pelatih baru Cesare Prandelli untuk pertandingan kandang pertamanya, setelah menang 2-1 di markas Gijon sepekan sebelumnya.

Terdapat sedikit masalah pada menit kesepuluh ketika Enzo Perez melanggar Iniesta, dan pemain internasional Spanyol itu mendapat "standing ovation" dari seisi stadion saat ia meninggalkan lapangan dengan menangis menahan sakit.

      
   Lampiaskan kemarahan
   
Penggantinya Ivan Rakitic memberi umpan kepada Messi untuk menaklukkan Alves, yang mendapat kartu kuning karena melampiaskan kemarahannya ketika gol disahkan meski Suarez sedikit mengganggunya.

 Upaya Rakitic mengenai tiang gawang pada awal babak kedua setelah Alves menepis tembakan Neymar, dan Valencia membuat Barca membayarnya ketika Dani Parejo memberi umpan kepada Munir di tepi kotak penalti.

 Rodrigo kemudian membawa Valencia memimpin menyusul operan dari Nani, namun hal itu tidak bertahan lama.

Suarez mencetak gol setelah Rakitic menahan sundulan Rakitic, dan pada akhir pertandingan Messi mampu menaklukkan spesialis penalti Alves, mengemas gol kelimanya dari dua pertandingan.

Espanyol mampu bangkit pada babak kedua untuk bermain imbang 3-3 dengan Eibar, dan mengecilkan tekanan kepada pelatih Quique Sanchez Flores.

Gol bunuh diri Diego Reyes dan penyelesaian sederhana dari Sergi Enrich dan Kike Garcia membawa tim tamu memimpin 3-0 sebelum turun minum. Pemain pengganti Hernan Perez memperkecil ketertinggalan Espanyol pada menit ke-67, sedangkan Pablo Piatti membuat timnya hanya tertinggal satu gol.

Kerja keras Espanyol untuk mengamankan hasil imbang berada di ambang resiko ketika penyerang Felipe Caicedo diusir keluar lapangan karena mendapatkan kartu kuning keduanya, namun Leo Baptistao mengamankan satu angka dengan penyelesaian mendatar dari luar kotak penalti menjelang pertandingan usai.  
   
Sociedad mencatatkan kemenangan kandang beruntun untuk ketiga kalinya saat melawan Alaves, untuk naik ke peringkat ketujuh. Xavier Prieto membawa tuan rumah memimpin pada babak pertama, sebelum Willian Jose dan Carlos Vela menutup pertandingan dengan skor 3-0.

Granada menjadi satu-satunya tim di liga yang belum mencatatkan kemenangan pada musim ini, setelah bermain imbang dengan tim peringkat ketiga dari bawah Gijon.