Pemprov Lampung Gelar Rakor Sekda Se-lampung

id rakor sekda se-lampung, sutono

Pemprov Lampung Gelar Rakor Sekda Se-lampung

Rakor sekda se-Lampung digelar di Gedung Pusiban, Jumat, (21/10) Dalam rakor dibahas progres pembangunan berbagai sektor. (Humas Pemprov Lampung)

...Rakor ini dilakukan guna membahas progres pembangunan berbagai sektor di Provinsi Lampung dan kabupaten/kota, kata Sutono...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung menggelar rapat koordinasi sekretaris daerah Provinsi Lampung dengan sekretaris daerah kabupaten/kota se-Lampung guna membahas progres pembangunan di daerah.

"Rakor ini dilakukan guna membahas progres pembangunan berbagai sektor di Provinsi Lampung dan kabupaten/kota," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono, di Bandarlampung, Jumat (21/10).

Ia menyebutkan, topik yang menjadi pembahasan berupa pembangunan insfrastruktur, peningkatan pelayanan publik dan pembinaan kelembagaan, pelaksanaan Program Gerbang Desa, perencanaan tata ruang, P3D, kependudukan dan catatan sipil serta program untuk ketahanan pangan di Provinsi Lampung.

Ia menjelaskan, selain program tersebut di atas, terdapat berbagai permasalahan yang harus segera dikoordinasikan diantaranya penanggulangan kemiskinan di Provinsi Lampung.

Karena itu, Pemerintah Provinsi Lampung menginstruksikan agar kabupaten/kota membentuk dan mengoptimalkan fungsi TPKD (Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah).

Selain itu, guna meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Lampung, Pemprov Lampung mengimbau agar pemerintah kabupaten/kota untuk dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, memberikan program beasiswa dan insentif untuk guru honorer yang menjadi kewenangannya masing-masing.

Sutono menjelaskan, untuk menanggulangi angka pengangguran dan meningkatkan kompetensi tenaga kerja menghadapi MEA. Provinsi Lampung memiliki program "Lampung Kompeten" dengan target memberikan sertifikasi kepada 5.000 tenaga kerja serta Pemprov Lampung memiliki Program Gerbang Desa melalui program-program pembangunan ekonomi produktif di desa tertinggal, dengan mengoptimalkan pemanfaatan dana desa.

"Diharapkan rapat ini dapat meningkatkan koordinasi dan sinergitas antara Pemerintah Provinsi Lampung dan kabupaten/kota se-Provinsi Lampung serta menemukan solusi terkait permasalahan pembangunan di daerah ini dengan harapan dapat mewujudkan keberhasilan dan percepatan pembangunan menuju Lampung maju dan sejahtera," tambahnya. (Ant)