Buffon inspirasi Juve untuk raih kemenangan

id buffon, juventus

  Buffon inspirasi Juve untuk raih kemenangan

Penjaga gawang Juventus Gianluigi Buffon (Reuters/Giorgio Perottino)

Lyon, (Antara/Reuters) - Kurang dari dua pekan setelah melakukan blunder langka bersama timnas Italia, kiper Gianluigi Buffon kembali ke kemampuan terbaiknya pada Selasa ketika Juventus mengamankan kemenangan 1-0 di markas Olympique Lyonnais di Liga Champions.

Juan Cuadrado menjadi pencetak gol semata wayang namun Buffon merupakan pemain terbaik pada pertandingan itu, menggagalkan penalti Alexandre Lacazette pada menit ke-35 sebelum melakukan sepasang penyelamatan sensasional setelah turun minum ketika Juventus harus bermain dengan sepuluh pemain menyusul diusirnya Mario Lemina.

"Kami memberikan segalanya pada malam ini, ini merupakan pertarungan taktik. Kami kalah namun kami menghadapi Buffon yang hebat. Ia sensasional," kata kapten Lyon Maxime Gonalons.

Para pemain Juve tahu kepada siapa mereka harus berterima kasih atas hasil ini, semuanya memberikan selamat kepada kiper 38 tahun mereka setelah peluit panjang berbunyi.

Buffon melompat ke sisi kiri untuk menggagalkan penalti Lacazette setelah Leonardo Bonucci menjatuhkan Mouctar Diakhaby di kotak terlarang, dan ia masih bersiaga penuh setelah turun minum.

Ia menepis tembakan Nabil Fekir dengan tangan kanannya pada menit ke-50 dan kembali tampil gemilang pada menit ke-71, menahan tandukan Corentin Tolisso dari jarak dekat.

"Penting untuk tidak kalah pada pertandingan ketika kami mendapati diri kami hanya tampil dengan sepuluh pemain," tutur Buffon.

"Kami banyak menderita namun kami sedikit beruntung. Pada pertandingan-pertandingan ini, detail-detail kecil membuat perbedaan."
   
"Saya hanya gembira bahwa saya dapat membantu rekan-rekan setim saya."
   
Hasil tersebut membuat Juve memuncaki klasemen Grup H dengan tujuh angka dari tiga pertandingan, unggul selisih gol atas Sevilla, yang menang 1-0 atas Dinamo Zagreb.

Lyon berada di peringkat ketiga dengan tiga angka, dua pekan sebelum mereka melawat ke Turin.