Bukan kopi Lampung, ternyata kopi Bengkulu yang terbaik

id kopi Lampung

Bukan kopi Lampung, ternyata kopi Bengkulu yang terbaik

Buah kopi pekebun Kampung Kotaway, Kecamatan Kasui, Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung. (Foto ANTARA/Gatot Arifianto.)

Bengkulu (Antara Lampung) - Komoditas Kopi asal Provinsi Bengkulu ikut menjadi salah satu kopi terbaik Indonesia, kopi jenis robusta Bengkulu masuk ajang final Kompetisi AEKI AICE COFFEE Contest 2016.
        
Seorang pengusaha Kopi Bengkulu yang mengikuti kompetisi tersebut, Heri Supandi, di Bengkulu, Sabtu, mengatakan, AEKI AICE COFFE merupakan kontes yang digelar oleh asosiasi eksportir kopi Indonesia.
        
"Kita berhasil menembus 14 besar terbaik nasional dan saat ini masih berada di urutan pertama. Pemenangnya nanti akan ditentukan di Aceh," kata dia.
        
Heri mengatakan, kopi khas Bengkulu yang mengikuti kompetisi AEKI AICE COFFEE Contest 2016 yang dinilai oleh juri-juri terbaik dari 12 negara ini, bermerek dagang, "Ngupei Konakito".
        
"Hasil penjurian yakni pemenang kontes akan digelar pada Oktober 2016, saat Hari Kopi Nasional," ungkapnya.
        
Menurut dia, mengikuti kompetisi tersebut merupakan salah satu terobosan guna memperkenalkan bahwa kopi Bengkulu merupakan kopi terbaik di Indonesia yang patut diketahui pasar internasional.
        
"Ini upaya membuka peluang ekspor kopi Bengkulu nantinya menjadi lebih besar lagi," ucapnya.
        
Ngupei Konakito sendiri memiliki beberapa varian kopi yang wajib dicoba para pecinta kopi, seperti Robusta Original, Robusta Tradisional, Robusta Super, Robusta Semang, Robusta Lanang, dan Arabica.
        
"Semuanya memiliki cita rasa tinggi, Seperti Robusta Semang, ini merupakan kopi hasil panen alami yang dilakukan hewan liar di perkebunan kopi, tidak seperti Luwak yang melalui fermentasi karena dimakan, Robusta Semang hanya kulitnya saja yang dimakan hewan,"  ujarnya.
        
Jadi, lanjut dia, Robusta Semang merupakan biji kopi terbaik yang dikumpulkan oleh hewan. Hewan menurut Heri memiliki naluri yang bagus dalam memilih biji-bijian. (Ant)