Pemprov Lampung teken nota kesepahaman dengan Unhan

id Penjabat sekda provinsi Lampung, sutono

Pemprov Lampung teken nota kesepahaman dengan Unhan

Penjabat Sekdaprov Lampung Sutono (FOTO:ANTARA Lampung/Kominfo Provinsi Lampung)

...Lampung memiliki dimensi penting untuk pertahanan dan keamanan nasional, ujar Sutono...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung menandatangani nota kesepahaman dan kerja sama dengan Universitas Pertahanan (Unhan) dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya aparatur yang memiliki wawasan pertahanan.

Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono di Bandarlampung, Rabu, mengatakan bahwa Lampung memiliki dimensi penting untuk pertahanan dan keamanan nasional, sehingga seharusnya aparatur di daerah ini dibekali dengan pengetahuan dan kompentensi yang bisa mendukung pertahanan negara.

"Apalagi saat ini pertahanan bukan lagi semata-mata menjadi tanggung jawab TNI tetapi semua komponen bangsa termasuk pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat serta seluruh organisasi," ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, ketahanan nasional dimensinya sudah mencakup bidang pangan, energi, infrastruktur dan mencakup bidang ekonomi arti luas.

"Kami menyambut baik kerja sama antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan Universitas Pertahanan dan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk meningkatkan kompetensi sumber daya aparatur di Lampung dalam rangka menuju daerah maju dan berdaya saing serta mendukung ketahanan nasional," jelasnya.

Rektor Universitas Pertahanan Letjen I Wayan Midhio mengatakan bahwa Unhan Indonesia berdiri sejak tahun 2009 dan diresmikan oleh Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 Maret 2009 di Istana Negara.

Unhan merupakan lembaga pendidikan tinggi yang unik karena mengkhususkan diri pada studi pertahanan setingkat strata dua. Selain itu UNHAN juga merupakan lembaga pendidikan tinggi terbuka yang memberi kesempatan bagi para perwira TNI dan sipil serta umum untuk belajar dan memperdalam ilmu pertahanan dari sudut pandang militer, politik, ekonomi, sosial dan budaya.

"Selain itu para mahasiswa nantinya akan dibekali dengan materi bela negara dan kepimpinan sebagai modal pengabdian kepada masyarakat dan negara," ujarnya.

Unhan memiliki 10 program studi dengan dosen-dosen dari UI, UGM, ITB, Unpad serta dari TNI dan Kementerian Pertahanan.

Selain itu, para mahasiswa yang akan mengenyam pendidikan di UNHAN akan diberikan beasiswa penuh dan fasilitas berupa mes dan uang saku serta melakukan studi banding ke luar negeri dan provinsi Lain di seluruh Indonesia.***2***
(Ant)