Gubernur Lampung dukung kiprah Karang Taruna

id temu karang taruna, pemprov lampung

Gubernur Lampung dukung kiprah Karang Taruna

Foto bersama dalam acara Temu Karya VI Karang Taruna Provinsi Lampung, di Ruang Abung Balai Keratun, Kamis (29/9) (FOTO:ANTARA Lampung/Kominfo Provinsi Lampung)

...Karang Taruna dapat mempersatukan komponen bangsa khususnya generasi muda...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengatakan Karang Taruna menjadi wadah pembinaan generasi muda, sehingga perlu didukung keberadaannya.

Karang Taruna dapat mempersatukan komponen bangsa khususnya generasi muda sehingga dapat mencegah dari perilaku negatif, mengendalikan diri, dan membantu mengatasi permasalahan aktual daerah dan bangsa.

"Keberadaan Karang Taruna Provinsi Lampung juga memiliki peran penting dalam mendukung dan bersinergi dengan program pembangunan pemda," kata Gubernur Ridho melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Provinsi Lampung Budhiharto dalam acara Temu Karya VI Karang Taruna Provinsi Lampung, di Ruang Abung Balai Keratun, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menyebutkan, banyak program-program yang dimiliki Karang Taruna bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti kegiatan di bidang pendidikan, olahraga, kesenian maupun kegiatan lain yang memiliki nilai ekonomis dan dapat menciptakan lapangan kerja baru.

Dia mengharapkan melalui Temu Karya Karang Taruna ini diharapkan dapat mengembangkan kehidupan organisasi, khususnya melakukan evaluasi pelaksanaan program kerja yang telah lalu serta menetapkan dan menyusun program kerja untuk periode yang akan datang.

"Kami berharap Karang Taruna sebagai wadah pembinaan generasi muda yang tumbuh atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial hendaknya mampu menjadi kepanjangan tangan pemerintah untuk mempersatukan komponen bangsa khususnya generasi muda dalam mencegah, mengendalikan dan mengatasi permasalahan aktual bangsa," katanya.

Ketua Pelaksana acara Temu Kangen VI Karang Taruna Provinsi Lampung Nipolin menjelaskan bahwa Karang Taruna sebagai wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggungjawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah desa atau kelurahan atau komunitas sosial sederajat terutama bergerak di bidang kesejahteraan sosial.

Selain itu, organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif dengan mendayagunakan semua potensi yang tersedia di lingkungan, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya.

"Karena itu melalui kegiatan ini, bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap program-program Karang Taruna pada periode yang telah lalu dan merancang program ke depan serta melakukan pemilihan ketua Karang Taruna Lampung periode 2016-2021," katanya lag. (Ant)