Pemprov Lampung wajibkan makanan lokal di hotel

id pj sekdaprov sutono, swasembada pangan, pemprov lampung

Pemprov Lampung wajibkan makanan lokal di hotel

Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono dalam rapat persiapan Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) dan Lomba Cipta Menu Pangan Lokal Provinsi Lampung di Ruang Rapat Asisten, Rabu (28/09). (FOTO: ANTARA Lampung/Dinas Kominfo Provinsi Lampungs Pe

...hotel-hotel tertentu serta tempat-tempat pariwisata harus mulai menyediakan menu pangan lokal yang asli dari daerah Lampung sebagai salah satu menu andalan...
Bandarlmapung (ANTRA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk menjadikan makanan lokal Lampung menjadi menu wajib disejumlah hotel dan acara-acara pemerintahan di provinsi ini mulai tahun 2017.

Pejabat Sekda Provinsi Lampung Sutono di Bandarlampung, Rabu, mengatakan bahwa dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia 2016, Pemerintah Provinsi Lampung akan mengelar berbagai acara guna menciptakan Menu Pangan Lokal yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).

"Lomba tersebut nantinya akan dijadikan menu andalan Lampung yang harus tersedia di hotel dan tempat-tempat pariwisata yang ada di daerah ini," jelasnya.

Menurutnya, Provinsi Lampung memiliki berbagai hasil pangan lokal yang sangat beragam dan dapat diolah menjadi menu makanan yang bergizi seimbang, sehat dan dapat dikonsumsi secara berkala oleh masyarakat baik di Provinsi Lampung maupun dari luar Lampung.

"Mulai tahun 2017 hotel-hotel tertentu serta tempat-tempat pariwisata harus mulai menyediakan menu pangan lokal yang asli dari daerah Lampung sebagai salah satu menu andalannya," jelasnya.

Sutono menjelaskan, hal itu sebagai bentuk pelestarian dan promosi menu pangan lokal Lampung, tidak terkecuali juga dalam acara dan rapat di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Pejabat Sekdaprov Lampung mengatakan pihaknya benar-benar berkomitmen untuk mengembangkan dan mempromosikan pangan lokal Lampung sebagai salah satu alternatif makanan bagi para wisatawan lokal dan mancanegara di Provinsi Lampung.

Bahkan pihaknya berencana akan membuat website kuliner Lampung yang khusus memberikan informasi tentang tempat-tempat yang menyajikan makanan khas Lampung.

"Jadi nanti setiap wisatawan maupun masyarakat dapat langsung mendapatkan informasi terkait kuliner khas Lampung yang disuguhkan hotel-hotel di Lampung maupun di rumah makan yang ada di Lampung", jelasnya.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Kusnardi menjelaskan bahwa dalam Peringatan Hari Pangan Sedunia 2016 yang akan diselenggarakan pada 10 Oktober mendatang, pihaknya akan menyelenggarakan berbagai lomba dan bazar yang akan digelar di halaman Kantor Gubernur Lampung.

Lomba yang akan digelar yakni Lomba Cipta Menu yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) yang akan diikuti oleh anggota PKK se-Provinsi Lampung, lomba kudapan kreasi yang akan diikuti oleh peserta umum dan seluruh Satker di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Selain itu juga lomba bazar yang akan diikuti oleh peserta umum, Badan Ketahanan Pangan kabupaten/kota serta seluruh Satker di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

"Menu yang akan dilombakan adalah yang menggunakan bahan dasar singkong dan diharapkan berbagai kreasi menu yang dihasilkan dalam lomba ini dapat menjadi menu andalan dan salah satu daya tarik kuliner Lampung," tambahnya. (Ant)