Pemprov Lampung dukung pencapaian swasembada pangan

id pj sekdaprov sutono, swasembada pangan, pemprov lampung

Pemprov Lampung dukung pencapaian swasembada pangan

Pj. Sekda Prov Lampung Sutono (tengan) didamping Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Teresia Sormin saat mengikuti rapat dengan Kemendagri melaluhi layanan Video Konference di Ruang Rapat Utama, Selasa (27/9) (FOTO: ANTARA Lampung/Dinas

...khusus untuk sepuluh provinsi sentra utama produksi padi dilakukan upaya percepatan pencapaian swasembada padi atau beras...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung terus mendukung pencapaian swasembada pangan nasional melalui kontribusi peningkatan produksi tanaman pangan.

"Tercatat kontribusinya padi 4,5 persen, jagung 9,5 persen, dan kedelai 1,4 persen. Khusus peningkatan produksi padi tahun 2010-2015 rata-rata mencapai 4,83 persen per tahun," kata Pejabat Sekdaprov Lampung, Sutono, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyebutkan, khusus untuk sepuluh provinsi sentra utama produksi padi dilakukan upaya percepatan pencapaian swasembada padi atau beras.

Sesuai komitmen, lanjutnya, Provinsi Lampung telah menetapkan bahwa sasaran peningkatan produksi padi di Provinsi Lampung sebesar 1 juta ton gabah kering giling sampai dengan tahun 2015, dengan kontribusi tahun 2015 sebesar 63 persen dan tahun 2016 sebesar 37 persen.

Upaya peningkatan produksi padi di Provinsi Lampung sebesar 1 juta ton GKG tahun 2015-2016 berarti produksi padi Provinsi Lampung harus meningkat 19 persen.

Sehingga menurutnya, dari produksi padi tahun 2015 sebesar 3,6 juta ton GKG harus diupayakan pada tahun 2016 dapat mencapai 4,3 juta ton GKG.

Sutono menjelaskan, produksi padi tahun 2015 mencapai 3.641.895 ton GKG atau meningkat 9,7 persen bila dibandingkan dengan produksi tahun 2014 sebesar 3.320.064 ton GKG, tetapi bila dibandingkan dengan sasaran tahun 2015 (3,8 juta ton GKG) baru mencapai 94,7 persen.

"Hal ini disebabkan karena terjadinya fenomena El Nino pada 2015," jelasnya.

Pemerintah Provinsi Lampung, ujarnya, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah pusat khususnya Kementerian Pertanian atas dukungan dalam upaya pencapaian sasaran peningkatan produksi tanaman pangan.

Fasilitasi anggaran yang dialokasikan ke seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Lampung diharapkan benar-benar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai melalui program perbaikan jaringan irigasi dan sarana pendukungnya sehingga sasaran produksi yang telah ditetapkan dapat tercapai.

"Terkait dengan pelaksanaan program dimaksud, sangat dipengaruhi oleh iklim, jaminan ketersediaan air, serta serangan OPT dan bencana alam seperti banjir, kekeringan, dan longsor. Untuk itu kita berharap semuanya dapat diantisipasi dan terkendali sedini mungkin," tambah Sutono.*(Ant)