Tolak LAD, massa bakar DPRD Gowa

id bakar gedung dprd gowa, pertikaian kerajaan gowa, kombes frans barung mangera, kabid humas polda sulsel

Tolak LAD, massa bakar DPRD Gowa

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api saat kebakaran di kantor DPRD Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (26/9). ( FOTO ANTARA : Abriawan Abhe)

...Pembakaran dilakukan oleh salah satu kelompok yang sedang bertikai antara kelompok Kerajaan Gowa dengan Pemerintah Kabupaten Gowa," ujar Kombes Frans...
Makassar (ANTARA Lampung) - Gedung DPRD Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, dibakar massa pengunjukrasa yang diduga mengatasnamakan keluarga Kerajaan Gowa yang mendatangi gedung wakil rakyat itu terkait polemik Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 tentang Lembaga Adat Daerah (LAD).

"Pembakaran dilakukan oleh salah satu kelompok yang sedang bertikai antara kelompok Kerajaan Gowa dengan Pemerintah Kabupaten Gowa," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Frans Barung Mangera di Makassar, Senin.

Berdasarkan informasi yang diterima Polda Sulsel, pengunjukrasa mendesak DPRD Gowa agar mencabut Perda Nomor 5 Tahun 2016 tentang Lembaga Adat Daerah yang telah menjadi polemik selama beberapa pekan ini.

Bahkan pihak kepolisian sudah mengambil alih penanganan permasalahan ini dengan memanggil kedua belah pihak untuk sama-sama mempercayakan penyelesaian masalah ini.

Namun, setelah dua pekan lebih, pengunjukrasa yang mengatasnamakan keluarga Kerajaan Gowa mendatangi DPRD dan menuntut pihak legislatif untuk membatalkan Perda tersebut.

Pembakaran kantor itu dilakukan oleh warga terhadap ruang rapat paripurna kemudian merusak sejumlah kendaraan yang terparkir di gedung DPRD serta mengejar anggota Satpol PP.

Sementara gedung DPRD Gowa sebagai besar telah hangus. Satu dari dua gedung habis dilalap api. Ruang rapat paripurna, ruang sekretariat DPRD, dan ruang beberapa komisi jadi arang.

Termasuk ruangan ketua DPRD dan wakil ketua DPRD. Kondisi itu menjadi parah karena massa melarang mobil pemadam kebakaran masuk ke area kantor. (Ant)