Produksi padi Lampung 2016 diperkirakan capai target

id Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Provinsi Lampung, Lana Rekyanti, kadisnakkeswan, produksi padi

Produksi padi Lampung 2016 diperkirakan capai target

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Lana Rekyanti (FOTO: ANTARA Lampung/istimewa)

...Provinsi Lampung mendapat target penambahan produksi padi sebesar 1 juta ton pada akhir 2016...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Produksi padi Lampung diperkirakan akan mencapai target yang ditetapkan, yaitu 4,3 juta ton pada akhir 2016.

"Ketercapaian tersebut dapat dicapai salah satunya berkat kebijakan pembukaan lahan sawah baru yang saat ini sudah mencapai 10 ribu hektare," kata Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Lana Rekyanti, di Bandarlampung, Senin.

Pembukaan sawah baru itu, lanjutnya, dilakukan di empat kabupaten yaitu Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Lampung Tengah.

Ia menjelaskan target pembukaan sawah baru sendiri di Lampung oleh Dinas Pertanian adalah sebesar 11.995 ha.

Ia menyebutkan, sejumlah program lainnya seperti di bidang pengairan juga dilakukan Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung sepanjang 2016 untuk mewujudkan target tersebut.

Lana menjelaskan, sejumlah program di bidang pengairan itu berupa perbaikan sistem irigasi "sekampung sistem" di sentra pertanian Lampung.

Selain itu, pemerintah juga melakukan pengaturan debit air serta memaksimalkan pemberian bantuan berupa sumur bor, groundtank, dan pompa air bagi petani.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung itu menjelaskan, Provinsi Lampung mendapat target penambahan produksi padi sebesar 1 juta ton pada akhir 2016.

Penambahan target produksi ini merupakan upaya kementerian pertanian untuk mewujudkan swasembada beras, produksi Lampung yang rata-rata mencapai 3 juta ton padi ditargetkan menjadi 4 juta ton lebih hingga akhir 2016.(Ant)