Petani Lampung peringati Hari Tani

id Petani, Hari Tani

Petani Lampung peringati Hari Tani

Ribuan Petani yang Peringati HTN di Jalan Lintas Timur/file (Istimewa/ Oki H Wahab)

Bandarlampung  (Antara Lampung) - Para petani, nelayan, buruh,  aktivis dan mahasiswa di Provinsi Lampung memperingati Hari Tani Nasional 2016 dengan menggelar sejumlah kegiatan, termasuk melakukan aksi demo menuntut pemerintah mewujudkan reformasi agraria.
         
Sejumlah elemen masyarakat tergabung dalam Aliansi Pusat Perjuangan Rakyat Lampung (PPRL), di Bandarlampung, Senin,  menggelar aksi di sejumlah lokasi, seperti DPRD Lampung, kantor Pemprov Lampung, Kejaksaan Tinggi Lampung, dan Polda Lampung.
         
Salah satu aktivis elemen yang tergabung dalam memperingati Hari Tani Nasional itu, Y Joko Purwanto, didampingi aktivis lainnya Reynaldo Sitanggang dan Agung, menyampaikan pada peringatan Hari Tani Nasional 2016 ini, bersepakat untuk menuntut penilakan ekonomi pasar bebas untuk mewujudkan Reformasi Agraria sejati.
         
Sejumlah elemen yang berpartisipasi dalam aksi dan peringatan Hari Tani Nasional 2016 di Lampung, antara lain Eksekutif Wilayah LMND Lampung, LBH Bandarlampung, KBH Lampung, Walhi Lampung, SMI, FMN, SPI, FSBKU-KSN, PPI, AMPP, SP, Sertani Lampung, Agra, FPBI, dan sejumlah elemen aktivis mahasiswa dan organisasi berbasis di kampus lainnya.
         
"Persoalan agraria di Indonesia kembali ditata ulang setelah kemerdekaan dengan dikeluarkan Undang Undang Pokok Agraria (UUPA) Nomor 5 Tahun 1960 dan UUPBH (Undang Undang Pokok Bagi Hasil) Nomor 2 Tahun 1960. Penataan ulang panguasaan sumber-sumber agraria pada masa Orde Lama tidaklah berlebihan dikatakan sebagai awalan dalam mengembalikan hak-hak rakyat atas sumber-sumber agraria yang sejak lama dikuasai kolonial," kata Joko yang juga aktivis SSBKU-KSN Lampung itu pula.
          
Rangkaian kegiatan peringatan Hari Tani Nasional 2016 di Lampung, antara lain nonton bareng dan bedah Film Munir pada Jumat (23/9) di kantor LBH Bandarlampung, aksi kampanye peringatan Hari Tani Nasional pada Sabtu (24/9) di Tugu Adipura Bandarlampung, panen raya Serikat Petani Indonesia (SPI) pada Minggu (25/9) di Kabupaten Pringsewu, dan aksi massa Hari Tani Nasional pada Senin ini.