Rusia : Gencatan senjata terancam akibat serangan AS

id Perang Suriah dan Irak,Rusia : Gencatan senjata terancam akibat serangan AS

Rusia : Gencatan senjata terancam akibat serangan AS

Serangan udara dilakukan pesawat tempur jenis F-16 dan dua unit A-10 (AFP 2016/ US AIR FORCE/sputniknews.com )

Moskow (Antara/Reuters) - Kementerian Luar Negeri Rusia, Minggu, mengatakan bahwa serangan udara yang dilakukan oleh pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat terhadap pasukan Angkatan Darat Suriah menjadi ancaman atas agenda gencatan senjata AS di Suriah.
         
Pihaknya juga mendesak Washington menginvestigasi secara sungguh-sungguh peristiwa tersebut.
         
Kementerian Pertahanan Rusia, Sabtu (17/9), mengungkapkan bahwa sejumlah jet AS menewaskan lebih dari 60 tentara Suriah dalam empat kali serangan udara yang dilakukan oleh dua unit pesawat tempur jenis F-16 dan dua unit A-10 yang terbang langsung dari Irak.
         
Pengawas Hak Asasi Manusia Suriah, tim pengawas yang berpusat di Inggris dan bekerja di seluruh pelosok Suriah, mengutip narasumber dari militer di Banda Udara Deir Al Zor bahwa sedikitnya 90 orang tentara Suriah tewas.
         
Kementerian Luar Negeri Rusia dengan nada keras menyatakan bahwa serangan tersebut pada batas antara kelalaian tindak kejahatan dan keuntungan langsung bagi kelompok garis keras ISIS.
         
Pihaknya menyatakan bahwa peristiwa itu disebabkan oleh sikap Washington yang keras kepala menolak kerja sama dengan Moskow dalam memerangi ISIS, Nusra Front yang sekarang berganti nama menjadi Jabhat Fatah Asy-Syam, dan kelompok teroris lainnya.          

Militer AS, dalam sebuah pernyataan yang tampaknya merupakan pengakuan atas serangan yang mungkin menghantam posisi itu, mengatakan bahwa serangan-serangan udara koalisi dekat Deir al-Zor telah dihentikan ketika Rusia mengatakan kepada para pejabat koalisi bahwa serangan-serangan tersebut mungkin menghantam tentara Suriah.
        
Kementerian Pertahanan di Rusia, yang telah membantu Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam perang saudara tersebut, mengatakan jet-jet tempur AS telah membunuh lebih 60 tentara Suriah dalam empat serangan masing-masing dengan dua pesawat F-16S dan dua A-10s yang datang dari arah Irak.
        
"Suriah adalah situasi kompleks dengan berbagai pasukan militer dan milisi yang posisi-posisinya berdekatan, tetapi pasukan koalisi tidak akan menyerang dengan sengaja sebuah satuan militer Suriah," kata pejabat-pejabat AS.