Kwarnas Pramuka Kirim 653 anggota ke Jambore ASEAN

id Jambore ASEAN, Indonesia Kirim Pramuka ke Jambore ASEAN

Kwarnas Pramuka Kirim 653 anggota ke Jambore ASEAN

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault pada pelepasan kontingen Pramuka Indonesia ke Jambore ASEAN di Malaysia, di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (13/9) malam. (FOTO: ANTARA/Ist-Humas Kwarnas Pramuka)

Jakarta (ANTARA Lampung) - Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengirimkan ?653 anggota Pramuka untuk ikut kegiatan Jambore ke-5 ASEAN di Tengku Muhammad Ismail Scout Camp Kuala Nerus Trengganu, Malaysia, pada 15-20 September 2016. 

Pelepasan Kontingen Pramuka Indonesia itu dilaksanakan di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur Selasa (13/9) malam oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault.

Adhyaksa berpesan untuk selalu menjaga citra positif Pramuka Indonesia di mata dunia.

"Di luar negeri kita punya kewajiban menyampaikan hal-hal positif tentang Indonesia. Oleh karena itu, adik-adik yang ikut Jambore ASEAN ini harus mengenal Indonesia lebih dalam, pelajari kembali tentang Indonesia, sampaikan betapa beragam suku dan budaya di Indonesia, pariwisata Indonesia, anak-anak muda Indonesia yang optimistis,"  ujar Adhyaksa di hadapan peserta.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini juga menuturkan, kenikmatan terbesar dalam hidup sebagai putra Indonesia adalah keimanan dan Tanah Air Indonesia. Karena itu, anggota Pramuka selalu diminta mengamalkan Dasa Dharma untuk menjaga dan melindungi Tanah Air.

Ketua Dewan Pembina Kontingen Indonesia Sukro Muhab mengatakan motivasi mengirim adik-adik Pramuka ke acara Jambore ASEAN ini adalah memberikan pengalaman kepada generasi muda untuk ikut kegiatan dalam tingkat global.

Seperti, pertama Global Competition yakni mereka mempunyai pengalaman yang berharga minimal di tingkat ASEAN. Kedua, Global Corporation, artinya bagaimana mereka mampu bekerja sama dengan para peserta di sana, karena mereka akan bertemu dengan kontingen Pramuka dari negara lain.

"Agenda ini 4 tahun sekali, dan ini yang ke-5. Pesan saya, agar tetap menjaga nama baik Indonesia, karena Pramuka Indonesia merupakan yang terbesar di dunia. Tanamkan nilai-nilai Dasa Dharma sebagai acuan kita dalam bertindak dan bekerja dalam rangka melaksanakan amanah sebagai anggota Pramuka," ujar Sukro.

Rincian peserta yang ikut dalam Jambore ASEAN di Malaysia adalah dari Sulawesi Selatan 61 orang, Sumatera Utara (186), Lampung  (2), Jawa Tengah (9), Sako SIT (Via Kwarnas) 130 orang, Banten (2), Yogyakarta (1), Aceh (21), Sako Sit (via Kwarda Riau) 55 orang, Sumatera Barat (180), dan Tim Kwarnas 6 orang.

Jambore ASEAN adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh ?ASEAN Scout Association for Regional Cooperation kerja sama dengan persekutuan Pengakap Malaysia.

Kegiatan diikuti oleh organisasi kepramukaan di setiap  negara kawasan ASEAN, seperti, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, dan lain-lain. ?Kegiatan jambore pun dilaksanakan di tingkat dunia (world scout jamboree) seperti tahun 2019 mendatang yang rencananya akan dilaksanakan di Amerika Serikat.