Lampung Barat perkuat pengendalian harga komoditas

id muklis basri luncurkan aplikasi harga, bupati lampung barat, muklis basri

 Lampung Barat perkuat pengendalian harga komoditas

Bupati Lampung Barat Muklis Basri saat Peluncuran sistem informasi harga dan komoditas beberapa waktu lalu (FOTO:ANTARA Lampung/Ist)

...Sistem informasi harga dan komoditas menampilkan informasi harga pangan strategis, seperti beras, gula, daging sapi dan ayam, bawang, cabai dan lain-lain...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Kabupaten Lampung Barat melakukan langkah strategis dalam upaya pengendalian inflasi di daerah itu dengan diresmikannya mekanisme pemantauan dan pengendalian harga yang dilakukan oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) setempat.

"Peluncuran sistem informasi harga dan komoditas telah dilakukan beberapa waktu lalu oleh Bupati Lampung Barat, Mukhlis Basri," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Lampung, Arief Hartawan, di Bandarlampung, Selasa (13/9).

Ia menyebutkan, sistem informasi harga dan komoditas menampilkan informasi harga pangan strategis, seperti beras, gula, daging sapi dan ayam, bawang, cabai dan lain-lain.

Harga yang tercantum di sistem tersebut bersifat harian dan mencakup lima pasar tradisional, yakni Pasar Sibelat, Simpang Luas, Liwa, Senen, dan Pasar Pura Jaya yang menjadi pusat perdagangan di Lampung Barat.

Sistem tersebut, lanjutnya, berbasis web, sehingga setiap orang dapat dengan mudah mengakses informasi perkembangan harga komoditas di lima pasar tersebut melalui tautan www.tpid-lampungbarat.org. Selain itu, terdapat keunggulan lainnya yaitu setiap orang dapat mengakses informasi harga di Lampung Barat melalui sms Harga#Nama Pasar#Komoditas ke no. 0822 9979 331.

"Hal itu sangat membantu masyarakat dalam proses konsumsi maupun perdagangan," ujarnya pula.

Arief menjelaskan, tersedianya sistem informasi harga tersebut memudahkan bagi TPID Lampung Barat untuk mengidentifikasi simpul-simpul penyebab fluktuasi harga, dan hal tersebut menjadi dasar yang kuat bagi TPID Lampung Barat untuk mengambil tindakan yang diperlukan dalam pengendalian inflasi.

Selain untuk pengendalian harga, sistem tersebut juga berguna untuk meningkatkan perekonomian Lampung Barat melalui penyediaan informasi harga untuk perdagangan antar kabupaten.

Ia menjelaskan, berbagai manfaat dari pelayanan informasi harga tersebut, mendorong optimisme Bupati Lampung Barat terhadap kemajuan perekonomian di kabupaten itu dan memperkuat upaya menjaga inflasi pada tingkat yang rendah dan stabil.

Harapan Bupati Lampung Barat sangat mungkin terwujud, mengingat ke depan sistem informasi harga dan komoditas Lampung Barat akan dilengkapi dengan data produksi (tempat dan volume) dan akan terkoneksi secara nasional dengan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (www.hargapangan.id).

"Ke depan, ketersediaan informasi harga ini diharapkan dapat juga dilakukan di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Lampung. Jika hal ini terwujud, upaya untuk mendorong perekonomian daerah dan menjaga stabilitas harga di Lampung akan semakin nyata," tambahnya.(Ant)