Polwan Peringati HUT di Gunung Anak Krakatau -

id Polwan, gunung anak krakatau, kapolda lampung, ike edwin

Polwan Peringati HUT di Gunung Anak Krakatau -

Kaolda Lampung Brigjen Ike Edwin (FOTO: ANTARA Lampung/Samino)

Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Polisi Wanita Kepolisian Daerah Lampung memperingati hari ulang tahun di Gunung Anak Krakatau (GAK), Selat Sunda di Kabupaten Lampung Selatan.

"Perayaan puncak HUT polwan di GAK ini sengaja dilakukan agar mereka dapat mengenang upacara yang pertama kali dilakukan," kata Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin, di kawasan GAK, Lampung Selatan.

Menurut dia, upacara dan penancapan bendera di puncak GAK dalam rangka HUT ke-68 merupakan upaya mencatat sejarah bagi Polwan Polda Lampung.

"Hari ini bersejarah, selain ulang tahun, juga perjuangan naik ke sini menjadi suatu kebanggaan, karena mencapai sesuatu itu tidak mudah. Seperti halnya mencapai 68 tahun, tidak mudah, dan membawa bendera untuk ditancapkan ke puncak gunung merupakan sejarah," kata Kapolda Lampung itu pula.

Dia mengharapkan, polwan dapat terus berkiprah menorehkan prestasi dalam setiap tindakannya, sehingga bisa menunjang kemajuan bersama.

Peristiwa ini, lanjut Kapolda, merupakan hal yang spesial mengingat Gunung Anak Krakatau merupakan gunung yang melegenda di dunia.

Menurutnya, Polwan Polda Lampung telah menorehkan sesuatu yang spesial dengan melaksanakan upacara di puncak gunung yang melegenda dan terkenal di dunia itu.

"Ini pertama kali upacara HUT Polwan di atas gunung, apalagi ini gunung bukan gunung yang biasa. Gunung yang sejak tahun 1996 selalu diperingati bahkan mendatangkan orang asing dari mana mana," kata dia.

Perjuangan polwan mencapai puncak ini, kata Kapolda lagi, agar menjadi catatan sejarah. "Sekarang polwan yang bisa sampai di sini jadikanlah tempat ini bersejarah bagi kalian," kata dia pula.

Saat berada di puncak gunung yang dianggap pusaka dunia ini, polwan membacakan Tribrata dan Catur Prasetya. "Ini membuat sejarah di puncak Gunung Anak Krakatau yang merupakan pusaka dunia dan sudah diakui tidak hanya oleh masyarakat Indonesia tapi juga dunia," kata Ike lagi.

Jadi, lanjutnya, sebagai masyarakat Lampung sudah sewajarnya bangga dengan adanya GAK di daerah ini.

Sebanyak 68 perwakilan personel Polda Lampung melaksanakan upacara dalam rangka memperingati HUT ke-68 Polwan di puncak GAK.

Pada kesempatan itu, polwan menancapkan 5 bendera di puncak, yakni bendera merah putih, bendera Polda Lampung, bendera polwan, dan bendera Bhayangkari serta Tribrata.