Pemprov Lampung Canangkan Bulan Bhakti Rabies

id Rabies, anjing, adeham

Pemprov Lampung Canangkan Bulan Bhakti Rabies

Asisten Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Sekretariat Pemprov Lampung, Adeham (ist)

Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung mencanangkan September sebagai Bulan Bhakti Rabies guna pengendalian dan penanggulangan penyakit tersebut dengan vaksinasi massal hewan penular rabies.

"Kegiatan itu diharapkan dapat meningkatkan peran serta dan partisipasi masyarakat dan pihak lain yang terkait dalam pengendalian dan penanggulangan rabies. Sehingga pelaksanaan vaksinasi massal rabies dapat berjalan dengan lancar dan target `coverage` vaksinasi 70 persen dari populasi hewan penular rabies dapat tercapai," kata Asisten Bidang Ekbang Provinsi Lampung Adeham, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menyebutkan, kegiatan bulan bhakti rabies, yang secara nasional berupa pengendalian dan penanggulangan penyakit rabies melalui vaksinasi massal serta penyuluhan tentang bahaya rabies.

Adeham juga mengharapkan pihak terkait meningkatkan kerja sama serta partisipasi secara terpadu dalam melaksanakan kegiatan pengendalian dan penanggulangan penyakit zoonosis di Provinsi Lampung.

Kemudian, Tim Satgas Penanggulangan Rabies diharapkan bersungguh-sungguh dalam pelaksanaan vaksinasi rabies massal, dengan target cakupan vaksinasi 70 persen dari populasi hewan penular rabies yang ada.

"Satuan kerja perangkat daerah terkait juga kiranya lebih bekerja keras lagi dalam mengendalikan dan menanggulangi penyakit rabies dan avian influenza," kata dia.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Dessy Desmaniar Romas, menyatakan pihaknya menggelar rapat koordinasi untuk meningkatkan koordinasi antara instansi terkait dalam pengendalian dan penanggulangan penyakit hewan menular strategis di Provinsi Lampung.

"Saya berharap hewan penular rabies diberikan vaksin sehingga tak ada lagi penyakit rabies di daerah ini," tambahnya.*