Kantor Pajak Sukadana sosialisasikan pajak ke pelajar

id kp2kp sos pajak sma, lampung timur, sosialisasi pajak

Kantor Pajak Sukadana sosialisasikan pajak ke pelajar

Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Kabupaten Lampung Timur sosialisasi pajak di SMA Negeri 1 Way Jepara, Rabu (31/8) (FOTO: ANTARA Lampung/Muklasin)

...Dengan sosialisasi itu harapannya nanti para siswa tersebut setelah menjadi wajib pajak mereka akan sadar kewajiban pajaknya, ujar Arya...
Way Jepara, Lampung Timur (ANTARA Lampung)  - Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Sukadana di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung menyosialisasikan pajak kepada puluhan pelajar di SMA Negeri 1 Way Jepara.

Sosialisasi pajak dengan tema "Anak Muda Mengerti Pajak" itu bertujuan agar para siswa mengerti pajak sejak dini, karena nanti mereka akan menjadi wajib pajak, kata Arya Pratama, Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sukadana, di Kabupaten Lampung Timur, Rabu.

Arya mengatakan, dengan sosialisasi itu harapannya nanti para siswa tersebut setelah menjadi wajib pajak mereka akan sadar kewajiban pajaknya.

"Mereka juga mengerti manfaat pajak dan mampu melaksanakan kewajiban perpajakannya, dan juga diharapkan bisa menghitung sendiri pajaknya," ujarnya lagi.

Dalam sosialisasi itu para siswa mendapatkan pemaparan pengertian pajak, manfaat pajak, dan jenis-jenis pajak dari para petugas pajak.

Selain itu, siswa juga diajak menyaksikan video kesadaran membayar pajak, dan siswa diajak pula bermain sejumlah game dan kuis untuk menyegarkan suasana acara sosialisasi tersebut.

Para siswa tampak antusias mengikuti sosialisasi ini, seperti pertanyaan seorang siswa bernama Kinta yang mempertanyakan kenapa manfaat pajak bisa mengurangi angka kriminalitas, dan sejumlah pertanyaan lain dari siswa lainnya

Sosialisasi pajak di SMAN 1 Way Jepara itu diikuti oleh 100 siswa SMA setempat.

Azzidan Firza, siswa kelas X IPS IV di SMAN 1 Way Jepara mengatakan senang dengan sosialisasi ini karena dia bisa mengerti pajak dan prosedur membayar pajak.

"Saya jadi mengerti pajak dan prosedur membayarnya," katanya pula.

Vika Ayu Viayana, siswa kelas IX IPS lainnya menyambut baik kegiatan itu, apalagi buat kalangan pelajar seperti dirinya

"Pelajar jadi mengerti pajak, walaupun kami masih pelajar tapi sekarang bisa mengerti pajak," ujarnya lagi.

Wiradi, Kepala SMA Negeri 1 Way Jepara dalam sambutannya berterima kasih atas upaya KP2KP untuk menyosialisasikan pajak kepada siswanya.

Menurut Wiradi, penanaman nilai-nilai kesadaran membayar pajak penting ditanamkan sejak dini.

Dia pun berpesan agar para siswa yang mengikuti acara sosialisasi itu bisa memanfaatkan dengan baik kesempatan tersebut.(Ant)