BKKBN Waykanan Gelar Layanan KB Gratis

id bkkbn kabupaten waykanan, layanan kb gratis, selan rebang

BKKBN Waykanan Gelar Layanan KB Gratis

Petugas BKKBN Waykanan sedang melayani seorang akseptor KB. (FOTO: ANTARA/Emir Fajar Saputra)

...Pemakaian pil dan suntik selain tidak ekonomis untuk masyarakat, juga menyebabkan tingginya angka putus pakai pemakaian kontrasepsi," katanya...
Waykanan, Lampung (Antara Lampung) – Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Waykanan, Lampung, menggelar kegiatan pemasangan KB gratis, pengobatan gratis dan sunatan massal memperingati HUT ke-71 Kemerdekaan RI.

Kegiatan yang dipusatkan di Puskesmas Negeri Baru, Kecamatan Blambanganumpu tersebut bertujuan mengajak masyarakat untuk menjadi peserta KB MKJB sehingga terwujud Keluarga Kecil dan Sejahtera.

"Kegiatan ini untuk menyambut HUT Kemerdekaan. Walaupun sedikit terlambat tapi pelaksanaannya berjalan lancar dan diikuti oleh para ibu-ibu dari sekitar lokasi Puskesmas Negeri Baru," kata Kepala BKKBN Waykanan, Selan Rebang, Rabu (31/8).

Menurut dia, pelayanan KB gratis ini sangat diminati oleh masyarakat dan dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga memberikan KIE terkait dengan MKJP kepada calon akseptor yang masih menggunakan pil dan suntik.

"Pemakaian pil dan suntik selain tidak ekonomis untuk masyarakat, juga menyebabkan tingginya angka putus pakai pemakaian kontrasepsi," katanya.

Total akseptor yang dapat dilayani pada acara bakti sosial BKKBN bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Waykanan tersebut, yaitu pelayanan MOP enam orang, implant 60 orang, suntik lima orang dan IUD lima orang.  

"Yang hadir dalam bakti sosial ini sangat mengapresiasi kegiatan ini serta mengharapkan akan mendapatkan banyak lagi kegiatan seperti ini," ujar Selan.

Ia mengharapkan, agar masyarakat mendatangi tempat-tempat yang akan melayani bakti sosial ini, karena untuk kepentingan masyarakat serta kepedulian Pemkab Waykanan terhadap masyarakat setempat. (Ant)