China ancam hukum berita yang promosikan gaya hidup barat

id China, media sosia, China ancam hukum berita yang promosikan gaya hidup barat

China ancam hukum berita yang promosikan gaya hidup barat

Pekerja di Tiongkok (China Foto Press/chinabusinessreview.com)

Beijing (Antara/Reuters) - China akan mengambil tindakan keras terhadap berita hiburan dan sosial, yang mempromosikan nilai tidak pantas serta gaya hidup Barat, kata badan pengatur penyiaran negara tersebut, dalam upaya sensor media, yang sudah tergolong ketat.
        
Presiden Xi Jinping meluncurkan gerakan luar biasa untuk menyensor media, yang tidak mencerminkan pandangan pemimpin Partai Komunis.
        
Pihak berwajib mengeluarkan aturan membatasi acara televisi "terilhami asing" dan menjatuhkan hukuman lebih keras terhadap penyebaran kabar burung melalui media gaul.
        
Berita hiburan dan sosial harus didominasi ideologi arus utama dan "energi positif", kata kantor berita resmi Xinhua pada Senin malam, mengutip Badan Pers, Penerbitan, Radio, Film dan Televisi Negara (SAPPRFT).
        
Kandungan berita tidak sepatutnya membuat lawakan tidak pantas, mengotori nilai klasik, atau "mengungkapkan kekaguman terbuka kepada gaya hidup Barat", kata badan pengatur tersebut dalam surat edarannya seperti dilaporkan Xinhua.
        
"Mereka juga harus menghindari meletakkan bintang, miliarder atau pesohor internet pada alas", serta tidak mendukung kepopuleran semalam atau perselisihan keluarga secara sensasional, kata Xinhua.
        
Badan legislatif Tiongkok pekan ini juga mengkaji rancangan undang-undang mewajibkan pekerja industri film menjaga "integritas moral" baik, setelah munculnya penangkapan pesohor karena narkotika dan pelacuran, kata Xinhua dalam laporan terpisah.
        
Xi dengan gamblang mengatakan bahwa media harus mengikuti garis partai, menegakkan panduan yang benar atas opini publik dan mempromosikan "propaganda positif".
        
Istilah "energi positif" adalah semboyan yang disukai dalam propaganda Tiongkok dan otoritas Internet di bawah Xi, merujuk pada isi yang secara moral membangkitkan semangat dan patriotik.
        
Pemerintah secara agresif menyensor internet, memblokir banyak laman asing, seperti, Facebook dan Twitter, yang dinilai menjadi tantangan potensial bagi aturan partai atau ancaman terhadap stabilitas.
        
Pengatur mengatakan langkah pengendalian semacam itu penting ditengah meningkatnya ancaman keamanan dan dilakukan sesuai dengan hukum.
        
Meskipun dikendalikan pemerintah, acara televisi asing tersedia luas di Tiongkok dalam bentuk unggah-unduh gelap atau DVD bajakan. Banyak juga yang tersedia resmi dalam talian melalui kesepakatan penyaluran dengan laman dalam negeri.