BJ Habibie dijadwalkan kunjungi Lampung

id sutono rapat sambut habibie, pj sekdaprov, sutono

BJ Habibie dijadwalkan kunjungi Lampung

Penjabat Sekretaris Provinsi Lampung Sutono (FOTO:ANTARA Lampung/Kominfo Provinsi Lampung)

...Kami berharap dengan kunjungan ini akan lebih memotivasi dan membangun Lampung serta dapat menjadi wahana `sharing` dengan Pak Habibie terkait pembangunan berbasis teknologi di Provinsi Lampung, ujar Sutono...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie dijadwalkan mengunjungi Provinsi Lampung bertepatan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) pada 14 September 2016 mendatang.

"Gubernur Lampung M Ridho Ficardo berkomitmen meningkatkan potensi unggulan Lampung berbasis teknologi. Hal tersebut terkait rencana kunjungan kerja Presiden RI ketiga RI itu ke Lampung," kata Penjabat Sekretaris Provinsi Lampung Sutono, di Bandarlampung, Selasa (30/8).

Ia menjelaskan bahwa saat ini Pemprov Lampung sedang gencar-gencarnya membangun dengan berbasis teknologi, terbukti dengan berbagai program unggulan Provinsi Lampung baik dari sektor pariwisata, ketahanan pangan, pertanian, industri serta sektor lainnya yang dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan dan kemajuan teknologi.

Karena itu, pihaknya sangat menyambut baik rencana kedatangan BJ Habibie pada September mendatang sebagai momentum untuk membangun dan memotivasi Provinsi Lampung dalam pembangunan ke depan berbasis teknologi.

"Kami berharap dengan kunjungan ini akan lebih memotivasi dan membangun Lampung serta dapat menjadi wahana `sharing` dengan Pak Habibie terkait pembangunan berbasis teknologi di Provinsi Lampung," ujarnya pula.

Kepala Balitbangnovda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan menjelaskan bahwa terkait kunjungan BJ Habibie itu, ada dua agenda penting yang akan dilaksanakan yakni dalam rangka meresmikan gedung pusat informasi bisnis dan teknologi di BPPT Lampung serta memberikan kuliah umum kepada perwakilan mahasiswa dari berbagai universitas di Lampung yang akan diselenggarakan di Institut Teknologi Sumatera (Itera).

"Dalam acara nanti juga akan digelar pameran dari berbagai peneliti di kampus, korporasi serta satuan kerja perangkat daerah dalam hal inovasi di bidang teknologi inovasi, serta meresmikan berbagai hasil produk inovasi di Provinsi Lampung," ujarnya pula.

Mulyadi menegaskan bahwa pihaknya bekerjasama dengan berbagai lembaga penelitian serta akademisi di Provinsi Lampung akan memfokuskan topik pembahasan terhadap empat poin penting di antaranya terkait ketahanan pangan, ketahanan energi baik energi baru dan energi terbarukan, ketahanan kesehatan dan obat-obatan, serta sumber daya maritim dan konektivitas di Provinsi Lampung.

Hal tersebut, menurutnya, tidak menutup kemungkinan untuk perubahan dan penambahan topik pembahasan sesuai dengan perkembangan kondisi di Provinsi Lampung.

"Kami akan terus berusaha melakukan koordinasi dalam memaksimalkan rencana kunjungan kerja Pak Habibie ke Provinsi Lampung, tidak menutup kemungkinan ada masukan dan saran dari masyarakat luas di Provinsi Lampung," ujarnya lagi.

Karo Humas dan Protokol Provinsi Lampung Bayana mengatakan bahwa sebelum rencana kunjungan tersebut, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo sebelumnya akan berkunjung terlebih dahulu ke kediaman BJ Habibie di Jakarta pada 8 September mendatang.

Tujuan kunjungan untuk menyampaikan berbagai proposal potensi unggulan di Provinsi Lampung.

"Pak Gubernur akan mempromosikan berbagai potensi unggulan di Provinsi Lampung terutama yang berbasis teknologi kepada Pak Habibie, dan diharapkan akan mendapatkan berbagai masukan dan ide dari Pak Habibie terkait pembangunan Lampung berbasis teknologi," katanya lagi.(Ant)