Jenderal Tito: Hilangkan budaya negatif di tubuh Polri

id jenderal polisi tito karnavian, kapolri, hilangkan budaya negatif di tubuh polri

Jenderal Tito: Hilangkan budaya negatif di tubuh Polri

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian (FOTO ANTARA: Dok)

...Kalau mereka berhasil menjalankan instruksi tersebut tentu akan kami berikan hadiah dan yang gagal akan diberi hukuman, seperti melakukan mutasi Kapolda maupun Kapolres yang gagal," katanya...
Padang (ANTARA Lampung) - Seluruh jajaran kepolisian agar serius melakukan perbaikan dan perubahan terhadap budaya negatif yang ada di dalam tubuh Polri, kata Kepala Kepolsian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian.

"Saat ini perubahan yang paling mungkin dilakukan dalam bidang sumber daya manusia (SDM), belum bisa masuk ke dalam ranah pelayanan publik dan sikap koruptif dalam menjalankan wewenang yang saat ini masih terjadi," ujarnya di Padang, Senin.

Menurut dia, indikator keberhasilan ini akan bisa dinilai hingga tiga bulan ke depan sesuai dengan program 100 hari Kapolri. Dirinya akan memberikan hukuman dan penghargaan terhadap Polda serta Polres yang menjalankan program tersebut.

"Kalau mereka berhasil menjalankan instruksi tersebut tentu akan kami berikan hadiah dan yang gagal akan diberi hukuman, seperti melakukan mutasi Kapolda maupun Kapolres yang gagal," katanya.

Menurut Tito, adanya kerusuhan yang terjadi kawasan Meranti dan Papua mengindikasikan visi misi Kapolri tidak berjalan hingga ke bawah. Bahkan mungkin hasil teleconfrence yang dilakukan bersama seluruh Kapolda tidak diterjemahkan kepada seluruh anggota.

"Jangan sampai visi misi saya ini hanya sekedar bisnis yang dilewatkan begitu saja, namun harus diterapkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," tegas Kapolri.

Selain itu, ujarnya, saat ini kepercayaan masyarakat terhadap lembaga Polri masih jauh menurun. Sesuai hasil survei, ada tiga lembaga saat ini yang kurang mendapat kepercayaan dari masyarakat yaitu Kepolisian, DPR dan Kejaksaan.

"Untuk itu perlu dialakukan pembenahan dari berbagai pihak agar bisa merebut kembali kepercayaan masyarakat yang mulai hilang," tambah dia.

Ia mengatakan, meskipun polisi telah memberikan keterangan yang benar dan sesuai fakta, namun masyarakat tidak akan mempercayainya. Kondisi inilah yang harus diubah agar tingkat kepercayaan masyarakat kepada polisi bisa meningkat.

"Saat ini lembaga yang dipercayai oleh masyarakat adalah KPK, TNI dan Lembaga Kepresidenan sehingga ini hensaknya memacu Polri berbenah," ujarnya. (Ant)