Gubernur terima dua penghargaan di Festival Krakatau

id Gubernur lampung, m. ridho ficardo, terima dua penghargaan, Festival Krakatau 2016

Gubernur terima dua penghargaan di Festival Krakatau

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menerima dua penghargaan sekaligus pada acara Jelajah Semarak Budaya, yang merupakan puncak perhelatan Festival Krakatau 2016 (FOTO:ANTARA Lampung/Kominfo Provinsi Lampung)

...Festival Krakatau satu-satunya yang ada di dunia, dan diharapkan mampu mendorong kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Lampung...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menerima dua penghargaan sekaligus pada acara Jelajah Semarak Budaya, yang merupakan puncak perhelatan Festival Krakatau 2016.

"Penghargaan pertama penyematan medali dan penganugerahan Gubernur Lampung sebagai Pembina Utama Seni Budaya dan Pariwisata, yang diberikan oleh Ketua Lembaga Kebudayaan Nasional Indonesia Totok Sudarwoto. Kedua Jelajah Semarak Budaya yang yang memecahkan rekor MURI menggunakan topeng oleh peserta terbanyak," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Lampung, Bayana di Bandarlampung, Minggu.

Ia menyebutkan, festival ini menjadikannya sebagai pengalaman dan sebagai sebuah guru dalam belajar memanajerial seni pertunjukan dan menyelenggarakan sebuah festival.

Pelaksanaan 25 tahun Festival Krakatau merupakan fakta dan sebuah warisan bagi semua, dengan penyelenggaraan yang sudah cukup lama dapat menjadikan Festival Krakatau dapat bersaing secara nasional bahkan internasional.

"Festival Krakatau satu-satunya yang ada di dunia, dan diharapkan mampu mendorong kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Lampung, karena kegiatan tersebut telah menjadi salah satu program prioritas daerah ini," ujarnya.

Ke depan, lanjutnya, gubernur meminta meningkatkan level Festival Krakatau ini sedikit ke level yang lebih tinggi, kondisi ini merupakan suatu tantangan agar festival mampu mensejajarkan diri dengan festival-festival yang ada di daerah lain di Indonesia.

Sehingga, Festival Krakatau ini dapat tetap dijadikan icon dalam pariwisata di tingkatan nasional bahkan internasional.

Ia mengharapkan semua pihak untuk turut andil dalam pembangunan kepariwisataan di Lampung. Pada pengembangan sektor kepariwisataan dalam waktu jangka menengah ini kiranya dapat dilaksanakan secara terencana dan terpadu antara Pemprov Lampung dan pemerintah kabupaten/kota dalam merumuskan rancangan kepariwisataan.

"Kegiatan ini dapat disinergikan dengan Kementerian Pariwisata sehingga dapat tercipta kawasan pariwisata di Provinsi Lampung yang dapat menjadi kebanggaan untuk kita semua," tambahnya.

Pada kegiatan Jelajah Semarak Budaya di Bundaran Tugu Adipura Bandar Lampung ini, diikuti oleh penari dari 13 kabupaten/Kota di Provinsi Lampung yang melakukan atraksi pawai budaya dan tarian secara massal, acara ini juga diisi dengan pelepasan 1.883 balon oleh Gubernur Lampung sebagai simbol angka tahun meletusnya Gunung Krakatau serta arak-arakan mobil hias dari kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. (Ant)