Apindo Lampung Sambut Baik Penurunan PPh Properti

id Pph properti, yusuf kohar, wakil walikota bandarlampung

Apindo Lampung Sambut Baik Penurunan PPh Properti

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung Yusuf Kohar (ist)

Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung, Yusuf Kohar menyatakan pihaknya menyambut baik penurunan pajak penghasilan (PPh) properti yang akan memberikan kemudahan berwirausaha.

"Penurunan PPh final properti tentunya berpengaruh juga terhadap pendapatan daerah, sehingga saling mengutungkan," kata dia di Bandarlampung, Sabtu.

Dikatakan, dengan penurunan itu tentu akan memberikan angin segar bagi dunia usaha dan konsumen, penjualan properti akan lebih baik sebab akan lebih terjangkau bagi masyarakat.

Menurutnya, setiap upaya yang dilakukan untuk meningkatkan geliat industri properti akan sangat besar artinya bagi perekonomian nasional.

Yusuf Kohar yang juga Waki Wali Kota Bandarlampung ini juga mengungkapkan, bila pemerintah pusat merealisasikan wacana pemangkasan tarif PPh final properti, potensi pendapatan negara relatif tidak terganggu.

"Dengan pertumbuhan ekonomi yang lebih besar, pemerintah pun akan mendapatkan pendapatan yang lebih besar dari sisi lain," katanya.

Selain itu, rencana pemerintah menurunkan PPh akan memperkuat daya saing pengusaha menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Jika betul-betul rencana itu direalisasikan, tentu akan berpengaruh juga terhadap daerah," kata dia.

Dia mengharapkan, rencana pemerintah menurunkan PPh pada 2016 dapat direalisasikan, dengan penurunan tarif akan memperlancar "cash flow" atau dana masuk dan keluar kas perusahaan.

"Harapan pengusaha realisasi ini benar-benar diwujudkan karena pengusaha dan khususnya pemerintah daerah saling diuntungkan," katanya.*