Pemprov segera buat berhentian bus Trans Lampung

id asbid ekabng pemprov lampung, adeham, pimpin rapat, pemberhentian bus

Pemprov segera buat berhentian bus Trans Lampung

Pemerintah Provinsi Lampung segera membuat shelter atau perhentian Bus Trans Lampung yang sudah diujicoba beroperasi melayani beberapa rute sejak 10 Agustus 2016 lalu. (FOTO: ANTARA Lampung/istimewa)

...Sebagai angkutan aglomerasi, Trans Lampung dioperasikan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat namun saat ini belum memiliki shelter," kata Adeham...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung segera membuat shelter atau perhentian Bus Trans Lampung yang sudah diujicoba beroperasi melayani beberapa rute sejak 10 Agustus 2016 lalu.

"Sebagai angkutan aglomerasi, Trans Lampung dioperasikan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat namun saat ini belum memiliki shelter," kata Asisten II Bidang Ekbang Setprov Lampung Adeham di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan bus Trans Lampung itu dapat melayani masyarakat di wilayah perbatasan dan diharapkan akan menjawab kebutuhan akan kebutuhan angkutan massal.

Menurutnya, dengan adanya angkutan massal diharapkan selain meningkatkan pelayanan masyarakat juga dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Sebelumnya, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo telah mengecek langsung fasilitas bus tersebut saat akan berlangsungnya arus mudik. Bus jenis itu sempat digunakan sebagai bantuan antisipasi lonjakan pemudik Lebaran 2016 lalu.

Gubernur menilai bus itu cukup nyaman dan diharapkan mampu menjadi pilihan masyarakat Lampung ke depannya.

Rute yang dilayani bus Trans Lampung, yakni rute Universitas Lampung-Jl Soekarno Hatta-Universitas Terbuka-Bundaran Tugu Raden Intan-Poltekkes-Politeknik-Wisma Haji-Jl Soekarno Hatta-Terusan Jl Sultan Agung (M Ryacudu)-Institut Teknologi Suamtera (Itera)-Kota Baru (pulang pergi).

Untuk rute Unila-Itera hanya dikenakan tarif Rp4.000, jalur lintas kampus ini juga ada harga khusus untuk mahasiswa dengan menunjukan kartu tanda mahasiswa.

Kemudian, rute Bandara Raden Inten II- Kota Bandarlampung, dengan rute Halte Graha Wangsa-Jl Laks Malahayati-Jl Gatot Subroto-Jl Jend Sudirman-Jl.Ahmad Yani-Jl Kartini/Jl Raden Intan-Stasiun Tanjung Karang-Jl Teuku Umar-Jl ZA Pagar Alam-Jl Raya Natar- Bandara Raden Inten II (PP). Untuk rute ini dikenakan tarif Rp20.000 per orang untuk satu kali jalan.

Selanjutnya, Bandara Raden Inten II- Pringsewu, dengan rute Pringsewu Halte Pendopo-Tataan (Pesawaran)-Jl Raden Gunawan-(BLPP)-Bundaran Tugu Raden Intan-Jl Raya Natar-Bandara Raden Intan II (PP). Rute ini dikenakan tarif Rp30.000 per orang untuk satu kali tujuan.

Pemprov Lampung menjamin kenyamanan, keamanan, kebersihan Bus Trans Lampung ini, dan dinilai akan lebih hemat dengan menaiki bus itu dengan rute-rute tersebut.(Ant)