UMKM Lampung diajak jual secara online

id umkm diajak jual online, makanan, pakaian, kerajinan tangan, hasil bumi, jual online

UMKM Lampung diajak jual secara online

Seminar dan workshop #JualOnlineAja di Hotel Sheraton Bandarlampung, Kamis (25/8) (Foto: ANTARA Lampung/Agus Setyawan)

...Tujuan kita di sini memberikan edukasi atau pengetahuan tentang manfaat serta keuntungan melakukan penjualan hasil olahan para pelaku usaha tanpa memerlukan modal yang besar, kata Kezia...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pelaku usaha mikro kecil menengah di Lampung diajak untuk berjualan secara online guna meningkatkan penghasilan tanpa mengeluarkan modal besar.

"Tujuan kita di sini memberikan edukasi atau pengetahuan tentang manfaat serta keuntungan melakukan penjualan hasil olahan para pelaku usaha tanpa memerlukan modal yang besar," kata Kezia Mareshah PR Manager Mataharimall.com, saat seminar dan workshop #JualOnlineAja di Hotel Sheraton Bandarlampung, Kamis.

Menurut dia, Mataharimall.com telah melakukan roadshow atau pembekalan terhadap para pelaku UMKM di 12 daerah se Indonesia agar dapat mengembangkan usahanya.

"Begitu banyak potensi UMKM di Indonesia yang memiliki produk unik dan berkualitas begitu juga dengan Provinsi Lampung," kata dia.

Untuk itulah, ia melanjutkan, Mataharimall.com berkomitmen untuk memajukan UMKM di Indonesia.

"Demi mewujudkan tujuan itu kami membuat #IndonesiaBangga dengan hasil karya anak negeri. Jadi dengan memberdayakan hasil karya dengan baik maka diyakini bahwa potensi ini dapat dimaksimalkan dan memberikan kontribusi yang lebih lagi terhadap struktur ekonomi Lampung," katanya.

Ruby Adityawarman SME dan Community Development Manager Mataharimall.com, menegaskan pihaknya berkomitmen untuk membantu para pelaku UMKM memperluas jangkauan pemasaran produknya tidak hanya di Lampung.

"Menghadapi MEA, pelaku usaha rumahan harus dapat berekspansi untuk memperkenalkan produknya hingga ke seluruh pelosok Indonesia," kata dia.

Ia menyebutkan, produk-produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM di Lampung seperti makanan, pakaian, kerajinan tangan dan hasil bumi memiliki kualitas yang baik serta kreatif akan lebih memasyarakat dengan hadir di dunia maya.

"Adanya program #JualOnlineAja (JOA), Mataharimall siap untuk memberikan dukungan yang berbentuk pemahaman dan pelatihan yang tepat agar dapat membantu usaha masyarakat melonjak pesat," kata dia.

Ke depan, ia melanjutkan, JOA akan memilih dua orang pelaku usaha yang mengikuti pelatihan itu sebagai TeMMan Super (pelaku usaha terbaik) yang memiliki produk unik dan minat tinggi berjualan online.

"Pelaku usaha terbaik ini nantinya akan diberikan bantuan untuk menunjang peningkatan bisnis yang dijalankan tersebut," kata Ruby.

Sementara itu, Hevas Saputra, pengrajin sabut kelapa berkaret asal Kabupaten Waykanan mengaku senang bisa mengikuti kegiatan JOA.

"Dengan penjualan online diharapkan dapat menunjang peningkatan bisnis menjadi lebih baik lagi," katanya.(Ant)