TNI bersama masyarakat tanam jagung di musim tanam

id TNI, TNI bersama masyarakat tanam jagung di musim tanam

TNI bersama masyarakat tanam jagung di musim tanam

Dokumentasi/Prajurit TNI bersama warga tanam jagung (kalsel.antaranews.com)

Inhil (Antara Lampung) - Jajaran TNI di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) di Provinsi Riau beserta masyarakat setempat mulai melakukan penanaman jagung memasuki musim tanam di wilayah tersebut tahun ini.
         
"Kami melakukan penanaman jagung serentak tahun ini," kata Danramil 07/Reteh Kapten Arm Syahrul Effendi P, di Inhil, Kamis.
         
Menurut dia, musim tanam jagung telah tiba, mengingat siklus penghujan sudah di depan mata, sehingga diperkirakan dalam beberapa bulan ke depan para petani sudah bisa panen jagung.
         
Tanam jagung serentak ini melibatkan jajaran Dandim 0314/Inhil, Badan Penyuluhan Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) serta masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Makmur di Desa Pulau Kecil, Pulau Kijang Kecamatan Reteh.
         
"Tujuan melaksanakan tanam jagung serentak, pemerintah bertekad mengembangkan program padi jagung dan kedelai di tengah masyarakat Inhil untuk mencapai ketahanan pangan," kata Syahrul lagi.
         
Program Upaya Khusus (Upsus) padi, jagung, dan kedelai (Pajale) adalah program nasional yang dicanangkan dan dikawal oleh TNI di seluruh Indonesia.
         
"Program ini sebagai upaya meningkatkan swasembada pangan," katanya lagi.
         
Diharapkan dengan Program Upsus Pajale ini, maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani, akan tumbuh kawasan pertanian baru dan jenis komoditas yang selama ini menjadi tanaman masyarakat, seperti padi, jagung, kedelai bisa meningkat produksinya sesuai potensi lahan yang dimiliki wilayah tersebut.
         
Tujuannya negara kita tidak lagi mengandalkan impor untuk kebutuhan dalam negeri.