AU Nigeria klaim tewaskan tokoh utama pegaris keras

id Nigeria, Boko Haram,AU Nigeria klaim tewaskan tokoh utama pegaris keras

AU Nigeria klaim tewaskan tokoh utama pegaris keras

Pesawat Jet Alpha mendarat di Gloucestershire, Inggris pada17 Juli 2006. AU Nigeri menggunakan pesawat ini untuk menyerang basis Boko Haram. (Adrian Pingstone/Wikimedia Commons)

Abuja (Antara/Reuters) - Angkatan udara Nigeria mengatakan, sejumlah anggota utama Boko Haram tewas dan pemimpinnya kemungkinan cedera parah dalam serangan di kubu timurlaut kelompok garis keras tersebut.
        
Pesawat pemerintah menyerang pemberontak di desa Taye di hutan Sambisa, negara bagian Borno, Jumat malam, kata angkatan udara, dengan menambahkan, pasukannya baru saja memastikan sejumlah rincian gerakan tersebut.
        
"Pemimpin kelompok itu, Abubakar Shekau, diyakini cedera parah di bahunya," kata juru bicara militer, Kolonel Sani Kukasheka Usman.
        
Militer sebelumnya melaporkan Shekau tewas, tetapi tak lama kemudian, orang diduga pemimpin pegaris keras itu tampil dalam siaran video, dan tidak terlihat terluka.
        
Kelompok itu belum memberikan tanggapan.
        
Boko Haram telah memberontak tujuh tahun, mendesak pendirian negara Islam di wilayah tersebut. Gerakan itu telah menewaskan 15 ribu jiwa dan mengusir lebih dari dua juta warga dari rumahnya. Bahkan, pemberontakannya kian meluas hingga negara tetangga, di antaranya Kamerun, Chad, dan Niger.
        
Kelompok tersebut menculik 270 murid perempuan pada April 2014 dan petugas keamanan meyakini mereka masih menawan anak-anak perempuan itu di hutan Sambisa.

Penerjemah : TENRI/B Soekapdjo