Warga Hanura Sambut Meriah Juara Lomba Desa Nasional

id Desa Hanura Juara Lomba Desa, Desa Hanura Juara, Desa Hanura

Warga Hanura Sambut Meriah Juara Lomba Desa Nasional

Kepala Desa Hanura Chodri Cahyadi (kanan) saat penyambutan Desa Hanura juara lomba desa tingkat nasional regional Sumatera, Senin (22/8). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Chodri Cahyadi mengatakan sebagai orang desa yang lahir dan dibesarkan di Desa Hanura menegaskan bahwa kemenangan ini atas kerja sama dan upaya seluruh masyarakat dan pemerintah daerah.
Pesawaran, Lampung (ANTARA Lampung) - Warga Desa Hanura Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung menyambut secara meriah keberhasilan desa itu meraih juara Lomba Desa Tingkat Nasional Regional Sumatera Tahun 2016.

Kepala Desa Hanura Chodri Cahya, di Hanura, Pesawaran, Selasa, menegaskan bahwa kemenangan ini adalah juga berkat dukungan dari berbagai pihak seperti Pemerintah Provinsi Lampung, Pemerintah Kabupaten Pesawaran, kalangan akademisi, LSM, dan seluruh masyarakat Desa Hanura.

Pengumuman pemenang Lomba Desa Tingkat Nasional Tahun 2016 diadakan di kantor Kementerian Dalam Negeri di Jakara, dalam rangka penyerahan piala, cenderamata, dan piagam pemenang lomba desa tingkat nasional yang diserahkan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, antara lain diberikan kepada Kepala Desa Hanura Chodri Cahyadi, beberapa hari lalu.

Menurut Chodri, dalam lomba desa regional Sumatera itu diikuti oleh 10 provinsi yang diwakili oleh 10 desa, dan Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran, Lampung meraih peringkat pertama regional Sumatera.

Kemenangan Desa Hanura itu, antara lain karena dinilai memiliki kelebihan di bidang tata layanan prima sehingga mutu pelayanan terhadap warga desa menjadi lebih cepat, berbasis teknologi informatika dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang tersedia di desa tersebut.

Kepulangan Kepala Desa Chodri Cahyadi beserta istri ke Desa Hanura, Senin (22/8), disambut meriah oleh masyarakat desa setempat, dimulai dari tugu perbatasan Kota Bandarlampung dan Kabupaten Pesawaran dengan iring-iringan kendaraan yang dibantu oleh Yonif 9 Brigif 3 Marinir, Polsek Padangcermin, Koramil Padangcermin, FKPPI, dan masyarakat desa menuju Desa Hanura.

Kegiatan penyambutan itu, menurut Chodri, adalah inisiatif warga Desa Hanura sebagai bentuk kegembiraan atas kemenangan desanya sebagai juara lomba desa tingkat nasional regional Sumatera.

Prosesi penyambutan itu juga dihadiri oleh Sekda Kabupaten Pesawaran Hendarma beserta Ketua Dharma Wanita Persatuan Tuti Hendarma, pejabat Kabupaten Pesawaran, Camat Teluk Pandan, aparat TNI, Polri, kepala desa se-Kecamatan Teluk Pandan, para pelajar, dan masyarakat Desa Hanura.

Acara dilanjutkan dengan pawai keliling Desa Hanura dengan menggunakan kendaraan Yonif 9 Brigif 3 Marinir, diikuti dengan kendaraan lainnya.

Kemudian, temu warga juga diadakan di balai desa bersama Kepala Desa Hanura, Sekda Kabupaten Pesawaran, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran, dan TP PKK Desa Hanura.

Kepala Desa Hanura Chodri Cahyadi menuturkan pula proses pemilihan lomba desa itu, termasuk saat presentasi di hadapan tim penilai lomba.

Chodri mengatakan sebagai orang desa yang lahir dan dibesarkan di Desa Hanura menegaskan bahwa kemenangan ini atas kerja sama dan upaya seluruh masyarakat dan pemerintah daerah.

Sekda Kabupaten Pesawaran Hendarma mewakili Bupati Dendi Ramadhona, mengatakan bahwa kemenangan Desa Hanura sebagai juara lomba desa tingkat nasional Regional I Sumatera dapat menjadi contoh untuk desa-desa lain yang ada di Kabupaten Pesawaran.